Sabtu, 27/04/2024 16:06 WIB

Pengamat: Eletablilitas Prabowo Melejit karena Berkepala Dingin

Arif Nurul Imam menilai karakter berkepala dingin yang dimiliki Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menjadikan elektablitasnya sebagai calon presiden (capres) melejit.

Menhan Prabowo Subianto (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Peneliti Senior Ipsos Indonesia, Arif Nurul Imam menilai karakter berkepala dingin yang dimiliki Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menjadikan elektablitasnya sebagai calon presiden (capres) melejit.

"Karakter Prabowo Subianto belakangan memang lebih kalem dan santai berbeda dengan dua Pilpres sebelumnya," kata Arif, dalam keterangannya pada Selasa (11/7).

Arif menjelaskan transformasi besar yang diperlihatkan menteri pertahanan andalan Presiden Jokowi tersebut berdampak besar bagi tingkat elektoralnya. Menurutnya, perubahan tersebut bisa memantik simpati serta dukungan dari masyarakat Indonesia.

"Perubahan ini positif dari sisi elektoral karena bisa memantik simpati dan dukungan," terang Arif.

Perubahan pada sosok Ketua Umum Partai Gerindra itu menjelang pesta demokrasi tahun depan memang mencuri perhatian banyak kalangan. Semuanya kompak menyebut jika capres dari Partai Gerindra tersebut saat ini lebih kalem dan juga santai.

Hal itu sontak memiliki efek positif bagi tingkat elektabilitas Prabowo Subianto menuju Pilpres 2024 mendatang. Terbukti dari hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), periode 1-8 Juli 2023 kemarin, nama Prabowo Subianto berada di peringkat teratas pada bursa capres 2024.

Dari simulasi tiga nama, terbukti Prabowo Subianto sukses menduduki peringkat pertama mengungguli kandidat capres lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Orang nomor satu di Partai Gerindra itu berhasil mengantongi elektabilitas sebesar 35,8 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo yang berada di peringkat kedua dengan total dukungan mencapai 32,2 persen dan pada posisi juru kunci ada nama Anies Baswedan yang mengumpulkan dukungan sebesar 21,4 persen.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Arif Nurul Imam Pengamat Politik Ipsos Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :