Kamis, 09/05/2024 17:57 WIB

SPIN sebut Prabowo Subianto Sosok yang Tulus Melayani Rakyat

Igor menjelaskan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terlihat lebih santai dan juga kalem.

Menhan Prabowo Subianto melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Stadion Mandalamukti, Cimahi, Jabar. (Foto: istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan sosok yang tulus melayani rakyat Indonesia serta dikenal karena keotentikannya.

“Dia memiliki aspek melayani dan lebih otentik sebagai ketum partai,” kata Igor dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (11/7).

Igor menjelaskan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terlihat lebih santai dan juga kalem. Apalagi, saat ini terlihat di beberapa kesempatan, ia sering dipanggil ke Istana untuk bertemu Presiden Jokowi.

Igor meyakini pengalaman maju sebagai calon presiden pada 2014 dan 2019 menjadikan Ketua Umum Partai Gerindra itu lebih mengikuti irama Presiden Jokowi dalam menghadapi pesta rakyat lima tahunan pada 2024.

“Bukan masalah dia kalah terus, justru dengan pengalaman seperti itu menunjukkan bahwa dia sekarang lebih mengikuti iramanya Pak Jokowi,” ujar Igor.

Tak hanya itu, Prabowo Subianto bahkan menyebut Presiden Jokowi sebagai mentornya dalam dunia politik dan selalu banyak belajar dari orang nomor satu di Indonesia tersebut. Prabowo Subianto juga sering mendapatkan nasihat langsung dari Presiden Jokowi di beberapa kesempatan.

“Itu simbol Prabowo lebih banyak mendengarkan nasihat-nasihat Jokowi,” ujarnya.

Sesuai dengan jadwal KPU RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai19 Oktober hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Partai Gerindra Calon Presiden Igor Digantara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :