Selasa, 14/05/2024 09:17 WIB

Elektabilitas Prabowo Naik, Ganjar Turun, Anies Stagnan, Pengamat: Masyarakat Cerdas

Elektabilitas Prabowo Subianto naik mencapai 34,3 persen dalam hasil survei terbaru dari LSI Denny JA sementara dua nama kandidat capres lainnya, yaitu Ganjar Pranowo turun dan Anies Baswedan stagnan.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto istimewa/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Elektabilitas Prabowo Subianto naik mencapai 34,3 persen dalam hasil survei terbaru dari LSI Denny JA sementara dua nama kandidat capres lainnya, yaitu Ganjar Pranowo turun dan Anies Baswedan stagnan.

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan bahwa tren kenaikan elektabilitas Prabowo yang di puncak dan Ganjar yang turun serta Anies yang stagnan ini terjadi di banyak hasil survei capres saat ini, termasuk di survei LSI Denny JA.

“Naiknya elektabilitas Prabowo saat ini membuktikan bahwa Prabowo menjadi capres yang betul-betul diinginkan dan dibutuhkan oleh publik,” ujar Ujang.

Selain itu, Ujang juga menyatakan bahwa hal ini kemungkinan juga dipengaruhi oleh keributan di media sosial dengan saling bertengkarnya pendukung Ganjar dan Anies. Sementara pendukung Prabowo yang berada di poros tengah cenderung tenang.

“Masyarakat saat ini cerdas, bisa melihat Prabowo sebagai kekuatan di tengah-tengah publik yang dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa ini,” lanjut Ujang.

Ujang mengatakan bahwa kepercayaan publik kepada Prabowo pun sudah terpupuk dengan kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan RI saat ini dan pengalamannya dalam mengikuti pilpres.

Posisi Prabowo dalam pemerintahan Jokowi saat ini juga merupakan faktor dari naiknya elektabilitas Prabowo.

“Prabowo punya latar belakang di pilpres, saat ini kerja di Menteri Pertahanan dan sangat dekat dengan Jokowi dianggap sebagai figur yang tegas yang dibuktikan dengan tren naiknya elektabilitas di lembaga survei itu,” kata dia.

Ia memperkirakan elektabilitas Prabowo akan terus melonjak dan bukan tidak mungkin untuk mencapai di atas 60% sehingga menjadi kandidat paling kuat untuk menang di pilpres 2024.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Menhan Prabowo Subianto Elektabilitas Prabowo Naik Elektabilitas Ganjar Turun E




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :