Kamis, 16/05/2024 01:26 WIB

Effendi Simbolon Puji Prabowo, PDIP: Kader Harus Tegak Lurus Keputusan Partai

Ketika partai memutuskan itu harus diikuti sebagai kader. Tidak bisa kemudian (misalnya) saya selaku kader partai setuju dengan apa yang dibuat oleh partai. Tetapi saya punya pemikiran pribadi yang lain. Itu kan enggak bisa berpartai seperti itu.

Ketua Banggar DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP, MH Said Abdullah. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPP PDIP Said Abdullah menegaskan setiap kader seharusnya dapat mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan. Termasuk, anggota DPR RI, Effendi Simbolon yang memuji dan menyebutkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto cocok menakhodai Indonesia.

"Saya katakan sebagai kader PDIP mimpi saya sudah berakhir. Berakhir setelah saya masuk partai dan saya mengikuti aturan main partai bahwa saya punya pikiran dan sebagainya harus disampaikan di dalam partai," ujar Said di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/7).

PDIP sendiri sudah mendeklarasikan untuk mengusung salah seorang kadernya, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Bacapres) di Pilpres 2024 mendatang. Dukungan tersebut dideklarasi pada 21 April lalu di Istana Batu Tulis Bogor.

Said yang Ketua Banggar DPR RI ini kembali mengingatkan, kader PDIP sudah diharuskan untuk tegak lurus pada keputusan partai. Karenanya sangat disesalkan apabila ada kadernya berbicara asal-asalan dan tidak sesuai arahan partai.

"Ketika partai memutuskan itu harus diikuti sebagai kader. Tidak bisa kemudian (misalnya) saya selaku kader partai setuju dengan apa yang dibuat oleh partai. Tetapi saya punya pemikiran pribadi yang lain. Itu kan enggak bisa berpartai seperti itu," tegasnya.

Meski demikian, dia masih enggan menghakimi Effendi Simbolon. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Badan Kehormatan DPP PDIP.

"Toh kami sesama kader pangkatnya sama, kewajiban dan haknya sama. Kami serahkan sepenuhnya ke Badan Kehormatan Partai," kata Said.

Diketahui, Effendi Simbolon sempat melontarkan pernyataan bahwa Prabowo Subianto merupakan sosok yang tepat untuk menjadi nakhoda RI. Padahal, PDIP telah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024.

Pernyataan itu diungkapkan Effendi ketika menghadiri Rakernas Punguan Simbolon dohot Indonesia (PSBI) di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7) lalu.

Dewan Kehormatan DPP PDI Perjuangan pun akhirnya memanggil kadernya Effendi Simbolon, pada hari ini, Senin (10/7).

 

KEYWORD :

Ketua Banggar Said Abdullah PDIP Effendi Simbolon Gerindra Prabowo Subianto Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :