Selasa, 21/05/2024 15:38 WIB

Menang Telak, Mitsotakis Kembali Pimpin Yunani

Menang Telak, Mitsotakis Kembali Pimpin Yunani

PM Yunani Kyriakos Mitsotakis (Foto: Reuters)

Athena, Jurnas.com - Kyriakos Mitsotakis kembali menduduki jabatan Perdana Menteri Yunani, setelah menang telak dalam pemilu yang diselenggarakan di negara tersebut.

Mitsotakis dan Partai Demokrasi Baru mendapatkan amanat rakyat, karena berhasil membawa stabilitas ekonomi yang tadinya didera utang kepada Uni Eropa. Para pemilih sekaligus memberikan margin kemenangan terbesar dalam pemilu 50 tahun terakhir.

Dalam pidato kemenangan, dia memastikan bahwa reformasi besar akan berjalan dengan cepat. Dia juga menambahkan target ambisius untuk empat tahun ke depan dalam kekuasaan yang dapat mengubah Yunani.

Beberapa janji Mitsotakis di antaranya menggelontorkan anggaran ke dalam sistem kesehatan masyarakat Yunani juga meningkatkan keselamatan kereta api, menyusul kecelakaan yang menewaskan 57 orang pada Februari lalu.

"Saya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dan belajar dari kesalahan saya," kata mantan konsultan McKinsey tersebut dikutip dari AFP pada Senin (26/6).

Dengan memegang 158 kursi di parlemen dengan Partai Demokrasi Baru, dia secara resmi akan menerima mandat untuk pemerintahan baru pada Selasa (27/6) besok dari kepala negara Yunani presiden Katrina Sakellaropoulou.

Perdana menteri terpilih kemudian akan mengumumkan kabinetnya dalam beberapa hari mendatang, meskipun nama-nama menteri sempat bocor beberapa hari sebelum pengumuman hasil pemilu.

Termasuk, George Gerapetritis yang disebut-sebut bakal memegang jabatan Menteri Luar Negeri Yunani. Sebelumnya dia sempat terlibat dalam penanganan tragedi kereta api, serta skandal penyadapan yang melibatkan kantor perdana menteri tahun lalu.

KEYWORD :

Kyriakos Mitsotakis Yunani Perdana menteri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :