Minggu, 28/04/2024 22:03 WIB

Boris Johnson Mengundurkan Diri dari Parlemen Inggris

Johnson mengutarakan, penyelidikan parlemen atas skandal

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara selama pertemuan kabinet di 10 Downing Street di London, Inggris 14 Juni 2022. (Foto: Alberto Pezzali/Pool via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan perdana menteri Inggris, Boris Johnson mengundurkan diri sebagai anggota Parlemen. Dia mengatakan saingan politik memaksanya keluar dari jabatannya dengan membuat tuduhan yang tidak jujur atas penanganannya terhadap skandal `Partygate`

Johnson saat ini sedang diselidiki oleh komite hak istimewa tentang apakah dia berbohong kepada anggota parlemen tentang penyelenggaraan pesta yang melanggar lockdown Covid-19 di Downing Street.

"Saya sekarang dipaksa keluar dari Parlemen oleh segelintir orang tanpa bukti untuk mendukung pernyataan mereka dan tanpa persetujuan bahkan dari anggota Partai Konservatif, apalagi pemilih yang lebih luas," kata Johnson pada hari Jumat dalam sebuah pernyataan.

"Saya percaya bahwa preseden yang berbahaya dan meresahkan sedang ditetapkan," kata dia lagi.

Dia menambahkan bahwa pemecatannya adalah langkah pertama yang diperlukan bagi anggota parlemen yang ingin membatalkan hasil referendum Brexit 2016.

Johnson mengundurkan diri, segera efektif, setelah dia menerima salinan laporan yang belum diterbitkan oleh komite parlemen yang menyelidiki pernyataan menyesatkan yang dia buat di House of Commons mengenai Partygate.

Dia berargumen bahwa laporan itu penuh dengan ketidakakuratan dan bahwa komite tidak memberikan bukti bahwa dia dengan sengaja atau sembrono menyesatkan House of Commons.

"Mereka tahu betul bahwa ketika saya berbicara di Commons, saya mengatakan apa yang saya yakini benar dan apa yang telah saya pengarahan untuk dikatakan, seperti menteri lainnya," kata Johnson.

"Mereka tahu bahwa saya mengoreksi catatan itu sesegera mungkin, dan mereka tahu bahwa saya dan setiap pejabat senior dan menteri lainnya, termasuk perdana menteri saat ini dan penghuni gedung yang sama saat itu, Rishi Sunak percaya bahwa kami bekerja sama secara sah," sambung dia.

Penyelidikan Komite Hak Istimewa dipimpin oleh Anggota Parlemen Partai Buruh Harriet Harman. Johnson mengklaim bahwa dia dan beberapa anggota komite lainnya membuat pernyataan prasangka tentang dugaan kesalahannya bahkan sebelum memeriksa bukti, dan tujuan mereka adalah untuk mencegahnya membantu Partai Konservatif memenangkan pemilihan berikutnya.

"Tujuan mereka sejak awal adalah untuk menemukan saya bersalah, terlepas dari faktanya," kata Johnson. "Ini adalah definisi dari pengadilan kanguru."

Dia menambahkan bahwa proses investigasi tidak memberinya kemampuan formal untuk menggugat temuan komite.

Komite Hak Istimewa dilaporkan merekomendasikan penangguhan panjang Johnson dari House of Commons, yang akan menyebabkan pemilihan sela di distriknya.

Mantan PM mengisyaratkan untuk kembali ke politik, "Sangat menyedihkan meninggalkan Parlemen – setidaknya untuk saat ini – tetapi yang terpenting, saya bingung dan terkejut bahwa saya dapat dipaksa keluar, secara anti-demokratis, oleh sebuah komite yang diketuai dan dikelola. oleh Harriet Harman dengan bias yang begitu mengerikan."

KEYWORD :

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Downing Street




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :