Senin, 29/04/2024 10:22 WIB

Nurul Izzah Mengundurkan Diri Sebagai PenasIhat Ayahnya PM Malaysia Anwar

Nurul Izzah  malah bergabung dengan badan penasihat khusus Menteri Keuangan yang diketuai oleh Hassan Marican, kata Nurul Izzah dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim terlihat di sini bersama putrinya, Ibu Nurul Izzah Anwar. (Foto: Instagram/@n_izzah)

JAKARTA, Jurnas.com - Putri Perdana Menteri Malaysia Anwar IbrahimNurul Izzah Anwar mengatakan pada Minggu (12/2) bahwa dia tidak lagi menjabat sebagai penasihat ekonomi dan keuangan untuk sang ayah.

Dia malah bergabung dengan badan penasihat khusus Menteri Keuangan yang diketuai oleh Hassan Marican, kata Nurul Izzah dalam sebuah pernyataan.

"Tuan Mohd Hassan telah mengundang saya untuk bergabung dengan badan penasehat khusus untuk membantu upaya mereka dalam memperkuat ekonomi negara dan masyarakat," kata dia seperti dikutip dari CNA.

Dia menambahkan bahwa dia dengan rendah hati menerima tanggung jawab dan sangat menghargai setiap kesempatan untuk berkontribusi demi masa depan yang lebih baik bagi Malaysia.

Dia juga mengungkapkan harapan, layanan yang diberikan di bawah peran barunya akan bermanfaat bagi negara. "Malaysia mengharapkan masa depan yang sangat baik dan persatuan yang solid yang dipimpin oleh perdana menteri bersama dengan pemerintah persatuan.

"Terima kasih kepada seluruh panitia. Mari kita semua berkontribusi dalam kapasitas apapun demi negara kita," ujar dia.

Akhir bulan lalu, putri sulung Anwar dan Dr Wan Azizah Wan Ismail, mengonfirmasi dalam sebuah wawancara bahwa dia telah ditunjuk sebagai penasihat ekonomi dan keuangan senior untuk Perdana Menteri sejak 3 Januari.

Anwar sebelumnya mengatakan kepada media lokal bahwa putrinya tidak akan memiliki kesempatan untuk memperkaya dirinya sendiri dalam perannya sebagai penasihat ekonomi dan keuangan senior untuk perdana menteri.

Dilaporkan sebelumnya bahwa Nurul Izzah tidak dibayar untuk peran tersebut. "Dia tidak akan memiliki kekuatan untuk mengambil atau secara langsung mengelola proyek atau tender apa pun sendiri," katanya seperti dikutip The Star.

Anwar dilaporkan mengatakan bahwa Nurul Izzah tidak mengambil peran untuk mengambil proyekn tetapi untuk membantu dia. "Putri saya sangat ingin membantu saya dengan cara apa pun yang dia bisa. Jika dia datang untuk membantu saya tanpa diberi posisi resmi, orang akan mempertanyakan niatnya lebih parah daripada sekarang," katanya.

Anwar juga membantah klaim nepotisme dalam penunjukan putrinya, menambahkan bahwa beberapa pengkritiknya tidak dapat mengkritiknya karena mereka sendiri telah memberikan "kontrak senilai jutaan ringgit" kepada anak-anak mereka.

"Nepotisme adalah di mana (anggota keluarga) diberikan posisi untuk menyalahgunakan kekuasaan, memperkaya diri sendiri, mendapatkan kontrak dan mendapatkan bayaran dalam jumlah besar bukan itu masalahnya," katanya seperti dikutip oleh Free Malaysia Today, meskipun dia tidak merinci tuduhan tersebut.

Selama Pemilihan Umum ke-15 (GE15) baru-baru ini, Ibu Nurul Izzah kehilangan kursi Permatang Pauh yang dia duduki selama satu periode.

Kursi tersebut telah diduduki oleh anggota keluarganya sejak tahun 1982 dan saat ini dipegang oleh Muhammad Fawwaz Mohamad Jan dari Parti Islam Se-Malaysia.

Sumber: Bernama/Agensi

KEYWORD :

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim Nurul Izzah Anwar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :