Sabtu, 11/05/2024 03:25 WIB

Jay Bloom, Konglomerat yang "Selamat" dari Kapal Selam Titan

Jay Bloom, Konglomerat yang

Kapal selam OceanGate (Foto: Reuters)

New York, Jurnas.com - Jay Bloom bersyukur pernah menolak tawaran mengarungi dasar laut Atlantik Utara, untuk melihat lebih dekat bangkai kapal Titanic, yang ditawarkan oleh OceanGate Expedition.

Kapal selam Titan yang mengangkut lima pengusaha kaya raya, ringsek dan tenggelam tak jauh dari bangkai kapal Titanic. Seluruh penumpang, termasuk nahkodanya, dinyatakan meninggal dunia.

Jauh-jauh hari sebelum kapal selam Titan menemui ajalnya, OceanGates pernah menawari Jay Bloom, konglomerat sekaligus investor asal Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Dalam wawancara yang dikutip Reuters pada Sabtu (24/6), Bloom mengakui sempat tertarik awalnya. Putranya, Sean yang kini berusia 20 tahun, juga terperanjat dengan tawaran menengok kapal Titanic yang bersejarah.

Namun, semakin lama dia membaca spesifikasi kapal selam Titan, Bloom makin pesimistis. Dia meragukan keamanan kapal selama nahas tersebut. Walhasil, Bloom menolak dengan alasan bentrok dengan jadwalnya.

Sebagai gantinya, dua kursi yang seharusnya milik Bloom, dijual kepada konglomerat asal Pakistan, Shahzada Dawood dan putranya Suleman.

"Setiap kali saya melihat foto pengusaha Pakistan itu dan putranya yang berusia 19 tahun, saya berpikir betapa mudahnya itu terjadi pada saya dan putra saya yang berusia 20 tahun. Tuhan memberkatiku," kata Bloom.

Bloom juga menunjukkan serangkaian pesan teks antara dirinya dan CEO sekaligus Pendiri OceanGate, Stockton Rush di Facebook. Rush meyakinkan Bloom bahwa Titan kapal selam yang aman.

"Meskipun jelas ada risiko, itu jauh lebih aman daripada terbang dengan helikopter atau bahkan scuba diving," tulis Rush.

Dalam keterangannya, Bloom juga meragukan sejumlah hal. Di antaranya, joystick video gim yang digunakan untuk mengendalikan kapal, lambung serat karbon, dan fakta penumpang tidak bisa membuka Titan dari dalam, bahkan dalam keadaan darurat sekalipun.

"Semakin saya belajar tentang apa yang terjadi dengan operasi Stockton, semakin saya khawatir," tutup dia.

KEYWORD :

Jay Bloom Kapal Selam Titan OceanGate Titanic




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :