Sabtu, 27/04/2024 13:43 WIB

Jerman Janji Dukung Ukraina Sepanjang Dibutuhkan

Jerman berdiri dengan mitranya agar Rusia dimintai pertanggungjawaban atas kesalahannya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berjabat tangan setelah konferensi pers bersama setelah pertemuan mereka di Kanselir di Berlin (John Macdougall/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Kanselir Olaf Scholz mengatakan, Jerman akan mendukung Ukraina selama diperlukan. Hal itu dia sampaikan dalam kunjungan pertama Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy ke ibu kota Berlin sejak dimulainya invasi Rusia pada Februari tahun lalu.

"Saya telah mengatakannya berkali-kali, dan saya mengulanginya di sini hari ini: kami akan mendukung Anda selama diperlukan," kata Scholz dalam konferensi pers bersama pada Minggu (14/5).

Dia menambahkan bahwa Jerman berdiri dengan mitranya agar Rusia dimintai pertanggungjawaban atas kesalahannya.

Pemimpin Ukraina mengatakan bahwa Kyiv akan selalu berterima kasih kepada Berlin atas dukungannya selama perang, menambahkan bahwa sekutu Barat Ukraina dapat membuat kekalahan Rusia "tidak dapat diubah" pada awal tahun ini.

Pemerintah Jerman mengumumkan 2,7 miliar euro ($3 miliar) bantuan militer ke Ukraina pada hari Sabtu, paket terbesar sejak perang pecah.

Paket bantuan militer baru, pertama kali dilaporkan oleh mingguan Jerman Der Spiegel, termasuk 30 tank Leopard 1 A5, 20 pengangkut personel lapis baja Marder, lebih dari 100 kendaraan tempur, 18 Howitzer self-propelled, 200 drone pengintai, empat IRIS-T SLM anti- sistem pesawat terbang dan peralatan pertahanan udara lainnya.

Dalam sebuah twit setelah pertemuan tersebut, Zelenskyy berterima kasih kepada Jerman atas bantuan militer terbesarsejak invasi. "Sistem pertahanan udara Jerman, artileri, tank, dan kendaraan tempur infanteri menyelamatkan nyawa Ukraina dan membawa kita lebih dekat ke kemenangan," katanya.

Jerman, ekonomi terbesar di Eropa, menghadapi kritik pada awal perang atas apa yang oleh beberapa orang disebut sebagai tanggapan yang ragu-ragu, tetapi telah menjadi salah satu penyedia bantuan keuangan dan militer terbesar Ukraina, yang secara krusial memberikan lampu hijau untuk pengiriman tank tempur modern di bentuk model Leopard 1 dan 2 sendiri, bersama dengan sistem anti-pesawat canggih yang diperlukan untuk menangkis serangan drone dan rudal.

Berbicara di Berlin, Zelenskyy meyakinkan sekutu Baratnya bahwa negaranya sedang mempersiapkan serangan balasan yang dirancang untuk membebaskan wilayah yang diduduki Rusia, bukan untuk menyerang wilayah Rusia.

Ada spekulasi bahwa Ukraina mungkin mencoba untuk merebut wilayah di Rusia dan menggunakannya sebagai alat tawar-menawar dalam kemungkinan negosiasi perdamaian untuk mengakhiri perang yang diluncurkan oleh Moskow pada Februari 2022.

Ditekan oleh wartawan tentang masalah ini, Zelenskyy berkata, "Kami tidak menyerang wilayah Rusia, kami membebaskan wilayah sah kami sendiri."

"Kami tidak punya waktu atau kekuatan (untuk menyerang Rusia)," katanya, menurut seorang penerjemah resmi. "Dan kami juga tidak memiliki senjata cadangan, yang dengannya kami dapat melakukan ini," tambahnya.

Zelenskyy terakhir mengunjungi Jerman untuk Dewan Keamanan Munich pada Februari tahun lalu tepat sebelum perang pecah.

Berlin dibatasi dalam dukungannya untuk Ukraina pada waktu itu baik oleh ketergantungan energinya pada Rusia maupun pasifisme yang berakar pada sejarah abad ke-20 yang berdarah. Namun, beberapa hari setelah perang pecah, Scholz mengumumkan perubahan kebijakan besar - dan pola pikir - yang disebut Scholz sebagai "Zeitenwende" atau pergantian zaman.

Sebelumnya pada hari Zelenskyy bertemu dengan Presiden Frank-Walter Steinmeier, kepala negara Jerman, yang dilecehkan oleh Kyiv tahun lalu, tampaknya karena hubungan dekat sebelumnya dengan Rusia, menyebabkan dinginnya hubungan diplomatik antara Ukraina dan Jerman.

Sejak itu, Steinmeier dan Scholz telah mengunjungi Ukraina, meyakinkan Zelenskyy atas dukungan mereka untuk perjuangan negaranya melawan invasi Rusia.

Setelah bertemu dengan Scholz dan pejabat senior lainnya di kanselir, kedua pemimpin diharapkan terbang ke kota barat Aachen menuju Zelenskyy untuk menerima Penghargaan Charlemagne Internasional yang diberikan kepadanya dan rakyat Ukraina.

Penyelenggara mengatakan penghargaan itu mengakui bahwa perlawanan mereka terhadap invasi Rusia adalah pertahanan "tidak hanya untuk kedaulatan negara mereka dan kehidupan warganya, tetapi juga nilai-nilai Eropa dan Eropa."

Sementara para pemimpin Jerman telah menyatakan dukungan kuat untuk Ukraina, para pemilih Jerman terbagi atas apakah negara itu harus menyediakan senjata lebih lanjut, terutama jet tempur canggih dari jenis yang diminta oleh Kyiv kepada sekutunya.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Hubugan Jerman Ukraina Olaf Scholz Volodymyr Zelenskyy Invasi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :