Rabu, 15/05/2024 14:24 WIB

Liga Arab Gelar Pertemuan Darurat Bahas Kerusuhan di Sudan

Bentrokan meletus pada Sabtu antara militer Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF).

Logo Liga Arab. (Foto: Al Arabiya)

JAKARTA, Jurnas.com - Liga Arab mengadakan pertemuan darurat untuk membahas perkembangan terakhir di Sudan pada Minggu (16/4).

Bentrokan meletus pada Sabtu antara militer Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF). Hingga kini tercatat 56 orang tewas dan setidaknya 600 orang terluka.

Militer dan RSF telah bersaing untuk mendapatkan kekuasaan saat faksi politik bernegosiasi untuk membentuk pemerintahan transisi setelah kudeta militer tahun 2021.

Perwakilan Mesir menyerukan gencatan senjata segera di Sudan, menggarisbawahi hubungan strategis dan geografis antara kedua negara.

Wakil Perwakilan Tetap Mesir, Obaida el- Dandarawy mengatakan, terlepas dari perbedaan sudut pandang yang mungkin muncul di berbagai tahap, tidak ada keraguan bahwa kepentingan Mesir terkait dengan kepentingan Sudan, dan sebaliknya.

"Mesir memastikan komitmennya untuk mendukung dan (memastikan stabilitas di Sudan dan kesatuan tanahnya dan memastikan pentingnya untuk mencegah campur tangan kekuatan luar dalam urusan Sudan," kata perwakilan itu, menyerukan pihak yang bertikai menemukan titik temu dan menyelesaikan perbedaan.

KEYWORD :

Liga Arab Konflik Sudan Timur Tengah




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :