Jum'at, 26/04/2024 14:32 WIB

Korban Tewas Gempa Dahsyat Turkiye-Suriah Tembus 20.000 Orang

Badan bencana Turkiye mencatat jumlah korban tewas yang dikonfirmasi negara itu pada Kamis malam menjadi 17.406, sementara jumlah nyawa yang hilang di negara tetangga Suriah mencapai 3.317.

Waktu hampir habis bagi mereka yang masih dikhawatirkan terperangkap di bawah reruntuhan di Turki dan Suriah (Suhaib Salem/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Total korban tewas akibat gempa bumi yang melanda Turkiye barat daya dan Suriah utara pada Senin telah meningkat menjadi di atas 20.000, penghitungan yang diperkirakan akan meningkat saat petugas menyisir puing-puing ribuan bangunan yang roboh.

Badan bencana Turkiye mencatat jumlah korban tewas yang dikonfirmasi negara itu pada Kamis malam menjadi 17.406, sementara jumlah nyawa yang hilang di negara tetangga Suriah mencapai 3.317.

Meskipun peluang untuk menemukan lebih banyak orang hidup memudar setelah berlalunya lebih dari 72 jam sejak gempa bumi dahsyat, petugas penyelamat di Adana, Turkiye mengeluarkan Akgun Eker yang berusia 45 tahun hidup-hidup dari bawah reruntuhan.

Sebelumnya di Turkiye, seorang anak laki-laki berusia dua tahun diselamatkan dari sebuah bangunan yang runtuh di Antakya, dan seorang anak laki-laki berusia delapan tahun ditemukan di Diyarbakir. Keduanya telah terperangkap selama hampir 80 jam di bawah reruntuhan.

Saat upaya penyelamatan berlanjut, puluhan ribu orang yang selamat dievakuasi dari kota-kota Turki yang paling parah terkena dampak. Sementara itu, warga sipil di kota-kota Suriah membantu menguburkan korban tewas akibat gempa.

Bantuan ke Suriah

Lebih dari tiga hari setelah gempa bumi seismik, pengiriman pertama enam truk pasokan bantuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyeberang ke Suriah barat laut pada hari Kamis.

Aliran bantuan kemanusiaan untuk sementara terganggu sejak gempa dini hari pertama yang melanda pada Senin karena masalah logistik dan kerusakan jalan yang menghubungkan Gaziantep, Turki ke pusat transshipment PBB di Hatay, Turki.

Tetapi kelompok hak asasi manusia dengan tajam mengkritik waktu dan konten pengiriman.

"PBB sangat malu karena mengirim enam truk dengan bantuan yang sudah datang ke barat laut Suriah sebelum gempa terjadi," kata Rami Abdul Rahman, yang memantau kekerasan di Suriah yang dilanda perang sejak 2011 daN merupakan pendiri Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menyerukan lebih banyak akses bantuan ke Suriah barat laut dari Turki saat ia mencari mandat yang diperluas dari Dewan Keamanan PBB untuk memungkinkan bantuan PBB disampaikan melalui lebih dari satu penyeberangan perbatasan.

Saat ini, perbatasan Bab al-Hawa adalah satu-satunya rute yang layak untuk bantuan PBB.

Sementara itu, mediator Suriah PBB Geir Pedersen mengimbau pemerintah Suriah untuk tidak menghalangi pasokan bantuan bagi orang-orang yang terkena dampak gempa di wilayah di luar kendali pemerintah.

Dengan lebih banyak bantuan yang dibutuhkan untuk Suriah, beberapa negara Barat berjanji untuk meningkatkan jumlah bantuan kemanusiaan yang mereka berikan ke negara Timur Tengah itu, yang telah hancur akibat perang saudara yang berlangsung sejak 2011.

Jerman menjanjikan peningkatan 26 juta euro ($28 juta) ke Suriah, Prancis menjanjikan 12 juta euro (hampir $13 juta) untuk bantuan darurat, dan Inggris mengatakan akan memberikan tambahan tiga juta pound ($3,64 juta) untuk mendukung pencarian- dan operasi penyelamatan dan bantuan darurat di Suriah.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Gempa Bumi Turkiye Suriah Korban Tewas Bantuan Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :