Minggu, 28/04/2024 06:34 WIB

Gempa M 6,6 Guncang Laut Tuban, Terasa hingga ke Jabar

BMKG mencatat gempa bumi itu berpusat di 6,29 lintang selatan,111,92 bujur timur dengan kedalaman 632 kilometer.

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Dok. Liputan6)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 terjadi di laut Jawa, tepatnya 68 km barat laut Tuban, Jawa Timur pukul 16.55 WIB, Jumat (14/4).

BMKG mencatat gempa bumi itu berpusat di 6,29 lintang selatan,111,92 bujur timur dengan kedalaman 632 km. Menurut BMKG, gempa terjadi akibat aktivitas subduksi

Kepala Stasiun Geofisika Malang, Mamuri mengatakan dampak gempa bisa dirasakan secara luas di sejumlah kabupaten kota di Jawa Timur.

"Gempa dengan Magnitudo 6,6 tersebut terjadi pada pukul 16.55 WIB dengan posisi 70 kilometer barat laut Tuban," ucapnya.

Sejauh ini masih belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut. "Karena posisinya cukup dalam maka dampaknya dirasakan cukup luas," ucapnya

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa tersebut dirasakan hingga Jawa Barat.

"Gempa yang dirasakan oleh sebagian besar masyarakat mulai dari Jawa Timur hingga Jawa Barat," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta.

Namun, gempa ini diharapkan tidak menimbulkan dampak kerusakan yang signifikan, sebab bukan gempa dangkal.

"BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD provinsi/kabupaten/kota untuk memantau dan melakukan kaji cepat situasi/dampak untuk menentukan tindak tanggap darurat sekiranya diperlukan," ujar Abdul.

KEYWORD :

BMKG Gempa Bumi Gempa Tuban Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :