Sabtu, 27/04/2024 16:33 WIB

Rusia Ancam Pangkas Pasokan Minyak Tahun Depan

Rusia Ancam Pangkas Pasokan Minyak Tahun Depan.

Illustrasi - Harga Minyak Mentah Dunia naik akibar nvasi Rusia ke Ukraina. (Jurnas/Istimewa)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia dapat memangkas produksi minyak sebesar 5-7 persen pada awal 2023 dan menghentikan penjualan ke negara-negara yang mendukung batasan harga minyak mentah dan produk minyaknya.

Dikutip dari Al Jazeera, Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan kepada televisi pemerintah pada hari Jumat bahwa pemotongan bisa mencapai 500.000-700.000 barel per hari.

Pernyataannya menandai tanggapan Rusia terhadap pembatasan harga baru-baru ini yang diluncurkan pada ekspor energi Rusia oleh sekutu Barat Ukraina atas invasi Moskow ke tetangganya.

Uni Eropa, negara-negara G7, dan Australia memperkenalkan batas atas harga $60 per barel untuk minyak Rusia mulai 5 Desember di atas embargo Uni Eropa atas impor minyak mentah Rusia melalui laut dan janji serupa oleh Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, dan Inggris. Uni Eropa juga telah memberlakukan pembatasan harga gas.

Langkah-langkah ini ditujukan untuk membatasi aliran pendapatan Rusia sambil memastikan ekspor energi yang sangat dibutuhkan tidak terhenti.

Novak mengataka,n Moskow akan melarang penjualan minyak dan produk minyak ke negara-negara yang bergabung dengan batas harga dan perusahaan yang menuntut kepatuhannya. Langkah seperti itu akan memaksa negara-negara tersebut untuk mengambil minyak mereka dari negara lain.

Tetapi jika Moskow secara bersamaan memangkas produksi minyak, seperti yang diancam Novak, itu akan mengurangi volume total minyak mentah yang tersedia di pasar, mendorong harga minyak non-Rusia, merugikan konsumen secara global—dan berpotensi memberikan pengaruh Kremlin terhadap Barat.

"Kami percaya bahwa dalam situasi saat ini, bahkan mungkin untuk mengambil risiko produksi yang lebih rendah daripada dipandu oleh kebijakan penjualan terkait batas harga. Hari ini $60, besok bisa apa saja, dan bergantung pada beberapa keputusan yang dibuat oleh negara-negara yang tidak bersahabat tidak dapat diterima oleh kami," kata Novak.

Komentar Novak tersebut mengarah pada apa yang bisa membuktikan pratinjau dari hal-hal yang akan datang. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis bahwa dia akan mengeluarkan keputusan awal minggu depan yang merinci tindakan Moskow sebagai tanggapan atas batasan harga.

Novak mengatakan pangsa pasar ekspor minyak global Rusia saat ini adalah 22 persen dan pangsa pasar ekspor gas globalnya adalah 20 persen, menggarisbawahi ketergantungan global pada energi Rusia.

Dia menambahkan bahwa meskipun ada upaya Eropa untuk mengurangi ketergantungan pada minyak dan gas Rusia, ekspor energi dari Rusia diminati di seluruh dunia dan Moskow telah mendiversifikasi pembelinya.

Novak juga memuji kerja kelompok OPEC+ dari produsen minyak global terkemuka, termasuk Rusia, dengan mengatakan harga minyak kemungkinan akan tetap berada di kisaran saat ini $70-$100 per barel tahun depan kecuali munculnya peristiwa yang tidak terduga.

Pengurangan yang terancam memicu kenaikan harga minyak global lebih dari $1 dipicu oleh ekspektasi penurunan pasokan minyak mentah. Minyak mentah Brent naik 73 sen, atau 0,9 persen, menjadi $81,71 per barel pada pukul 07:15 GMT, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $78,40 per barel, naik 91 sen, atau 1,2 persen lebih tinggi.

Mereka mencapai tertinggi masing-masing $82,17 dan $78,77, di awal sesi. Kedua kontrak berada di jalur untuk membukukan kenaikan mingguan kedua, dengan Brent naik 3,3 persen dan WTI naik 5,5 persen.

"Harga minyak mentah lebih tinggi karena pedagang energi fokus pada tanggapan Moskow terhadap pembatasan harga minyak Rusia," kata analis pasar senior di OANDA, Edward Moya kepada kantor berita Reuters.

KEYWORD :

Pasokan Minyak Perang Rusia dan Ukraian Uni Eropa Kelompok G7




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :