Sabtu, 27/04/2024 11:49 WIB

Uji Kompetensi PLD Jabar II dan IV Digelar Secara Gratis

Setiap Asesi PLD harus membuktikan portofolio yang mereka miliki sebagaimana yang dicantumkan dalam APL 01 dan APL 02 di hadapan Asesor

Uji Kompetensi Serifikasi PLD Wilayah Jabar II dan IV (Istimewa)

Bandung, Jurnas.com - Lembaga Sertifikasi Profesi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal danTransmigrasi (LSPKDPDTT) kembali melaksanakan uji kompetensi sertifikasi secara gratis bagi Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk Wilayah Jawa Barat II dan Jawa Barat IV di Hotel Belviu, Bandung, Jawa Barat, (8-12/11/2022).

Ismail A. Zainuri selaku Lead Asesor Jabar II mengatakan, kegiatan asesmen ini diikuti sebanyak 180 orang yang dibagi menjadi dua wilayah, yakni Jawa Barat II dan IV, masing-masing diikuti oleh 90 PLD dari beberapa Kabupaten, yaitu Majalengka, Garut, Indramayu, Cirebon, Bandung Barat, Ciamis dan Cianjur.

"Setiap Asesi PLD harus membuktikan portofolio yang mereka miliki sebagaimana yang dicantumkan dalam APL 01 dan APL 02 di hadapan Asesor Kompetensi masing-masing, baik aspek valid, aktual, terkini dan memadai sehingga layak direkomendasikan kompeten", tegas Ismail.

Dia menambahkan, Tim Asesor Kompetensi Wilayah Jabar II terdiri dari 4 (Empat) orang, yakni: Ismail A. Zainuri, Rusdin M Nur, Sondang Hutagalung dan Evy Nurmilasari. Tim ini dibantu oleh administrator LSP, yaitu: Ismaaela dan Ida Manfaza, didukung pula oleh panitia pengelola, yaitu Thomas, Nikiyo dan Redin serta peninjau/pengamat yaitu: Taupik.

Sementara itu, Lead Asesor Jabar IV, Nurul Hadi menambahkan, Pertama, Melakukan fasilitasi pendataan desa. Kedua, Melakukan fasilitasi pemanfaatan data desa. Ketiga, Melakukan fasilitasi perencanaan pembangunan desa.

Keempat, Melakukan fasilitasi pelaksanaan pembangunan desa. Kelima, Melakukan monitoring kegiatan pembangunan desa. Keenam, Melakukan fasilitasi pertanggungjawaban pembangunan desa. Tujuh, Melakukan fasilitasi pembentukan badan usaha milik desa (bumdesa). Delapan Menyusun laporan hasil kerja pendampingan..

"Seluruh proses asesmen ini telah mengikuti aturan yang berlaku sesuai standard BNSP", tegas Nurul Hadi.

Dia menjelaskan, Tim Asesor Kompetensi Wilayah Jabar IV terdiri dari 4 (Empat) orang, yaitu Nurul Hadi, Muh. Arwani, Muh. Sabri dan Evy Khuriyah serta Rizal selaku peninjau. Tim ini dibantu pula tenaga administrasi dari LSP, yaitu: Cici, Domi dan panitia pengelola, yaitu: Fachrurozi, Elva novianti dan Adeng.

Anggota Asesor Wilayah IV, Muh. Arwani menambahkan, seluruh proses asesmen selama 3 (Tiga) hari tersebut, dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Seluruh Asesi PLD telah menunjukkan semangat dan antusiasme yang luar biasa. Mereka dengan sabar menunggu seluruh tahapan asesmen sehingga terlaksana dengan sukses", pungkasnya.

KEYWORD :

Pendamping Desa PLD Sertifikasi Asesi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :