Kamis, 16/05/2024 02:16 WIB

Optimalkan Perguruan Tinggi, LLDikti III Buka Klinik Mutu

Optimalkan Perguruan Tinggi, LLDikti III Buka Klinik Mutu

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani (Foto: Ist/Dok.Humas LLDikti III)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta menghadirkan program Klinik Mutu, yang bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di wilayah LLDikti III.

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, peningkatan mutu pendidikan pada perguruan tinggi harus sesuai dengan relevansi pendidikan yang meliputi beberapa aspek, antara lain kurikulum, penyedia, tenaga ahli kependidikan, sarana pendidikan, dan kepemimpinan satuan pendidikan.

Karena itu, dia menilai kondisi perguruan tinggi di Provinsi DKI Jakarta masih perlu dioptimalkan. Salah satunya adalah dengan pendampingan terkait pemantauan secara aktif oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap Instrumen Pengawasan dan Evaluasi Peringkat (IPEPA) dalam Standar Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) selama tiga bulan terakhir.

Demi memberikan layanan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi, kami melakukan berbagai terobosan, salah satunya adalah dengan Klinik Mutu," kata Paris dalam keterangan pers pada Rabu (26/10).

Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah III, Noviyanto, menjelaskan bahwa layanan Klinik Mutu ini berupa pendampingan simulasi perhitungan data yang tepat, sesuai dengan IPEPA BAN-PT kepada perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III.

"Perlu adanya mekanisme kerja dan pendampingan secara komprehensif kepada perguruan tinggi, sebagai salah satu solusi untuk menjawab tantangan pemantauan aktif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menggunakan data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti)," terang dia.

Dengan adanya klinik mutu simulasi perhitungan data sesuai dengan IPEPA BAN-PT sebagai dukungan terhadap perguruan tinggi, diharapkan mampu memberikan layanan fasilitasi peningkatan mutu yang pada akhirnya akan memberikan dampak kepada Indikator Kinerja Utama (IKU) LLDikti Wilayah III menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Sejumlah perguruan tinggi yang menjadi peserta Klinik Mutu IPEPA menyebut kegiatan ini bermanfaat, terutama dalam hal akreditasi. Sebagaimana dituturkan oleh Fetty Asmaniati, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

"Klinik ini telah menambah wawasan kami dalam menjaga kualitas/mutu sebagai salah satu perguruan tinggi dibawah LLDIKTI Wilayah III, khususnya dalam mempertahankan peringkat akreditasi Program Studi dan Institusi A atau Unggul," ujar Fetty.

KEYWORD :

Klinik Mutu LLDikti III Paristiyanti Nurwardani Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :