Minggu, 28/04/2024 19:37 WIB

Kepala LLDikti III Minta Mahasiswa Kuasai Hard Skill dan Soft Skill

Kepala LLDikti III Minta Mahasiswa Kuasai Hard Skill dan Soft Skill

Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta, Paristiyanti Nurwardani (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta, Paristiyanti Nurwardani meminta mahasiswa tidak hanya belajar keterampilan dan pengetahuan, namun juga menguasai hard skill dan soft skill.

Hal ini disampaikan dalam pembukaan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Wilayah III 2023, yang digelar di Universitas Presetiya Mulya Kampus Cilandak, beberapa waktu lalu.

"Mahasiswa sebagai calon pemimpin Indonesia tidak hanya memiliki keterampilan dan pengetahuan, melainkan hard skills dan soft skill," kata Paris.

"Hal ini sejalan dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim, jadi mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik saja, tapi menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing, dan berkarakter," imbuh dia.

Penyelenggaraan pemilihan mahasiswa berprestasi dimulai dengan seleksi tingkat perguruan tinggi. Selanjutnya ialah seleksi tingkat wilayah. Sebanyak 20 finalis berhasil lolos desk evaluation yang terdiri dari 12 mahasiswa dari perguruan tinggi akademik dan delapan mahasiswa dari perguruan tinggi vokasi.

Seluruh finalis selanjutnya mengikuti tahap seleksi akhir wilayah meliputi penilaian capaian unggulan, gagasan kreatif, dan kemampuan bahasa inggris.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan dan seleksi tingkat wilayah, para peserta akan diberikan pembekalan lebih lanjut dalam mengaktualisasikan diri. Hal ini dilakukan agar peserta dapat mengasah kemampuannya jauh lebih baik.

Bahkan, Pilmapres ini merupakan ajang untuk bertemu dengan mahasiswa berprestasi lainnya dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta secara kompetitif.

"Kami menitipkan untuk dikembangkan potensinya oleh masing-masing kampus, bahkan dijadikan duta atau ambassador untuk mahasiswa berprestasi, menularkan semangat, terlepas dari peringkat berapapun," terang Koordinator Pembelajaran dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah III, Tri Munanto.

KEYWORD :

LLDikti III Paristiyanti Nurwardani Pilmapres 2023




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :