Senin, 29/04/2024 21:03 WIB

LLDikti Wilayah III Dorong Kolaborasi Humas dan Media

LLDikti Wilayah III Dorong Kolaborasi Humas dan Media

Kegiatan Festival Kehumasan di Universitas Tarumanagara (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta, mendorong humas perguruan tinggi berkolaborasi dengan media massa, baik cetak, elektronik, maupun radio.

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani menyebut strategi ini bertujuan mengamplifikasi program, prestasi, dan keunggulan perguruan tinggi sehingga tersampaikan ke masyarakat maupun calon mahasiswa.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan `Festival Kehumasan: Peningkatan Mutu Kehumasan Melalui Publikasi MBKM` di Universitas Tarumanagara pada Selasa (24/1) kemarin. Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama LLDikti Wilayah III dan Universitas Tarumanagara.

"Untuk menggaungkan peningkatan mutu perguruan tinggi, paling enak lewat humas. Tracer (melihat jejak) sebelumnya, masa yang akan datang, bisa melalui humas. Oleh karena itu, humas harus diamplifikasi suaranya, supaya terdengar. Kalau tidak digaungkan, tidak akan ada yang tahu," kata Paristiyanti.

"Perguruan tinggi yang dapat mahasiswa banyak, dan mendapatkan dana dari masyarakat, itu karena peran humas. Kemudian, mutu lah yang dijadikan pilihan oleh calon mahasiswa," imbuh Paris.

LLDikti Wilayah III, lanjut Paris, selama ini selalu berkolaborasi dengan media massa dalam menyosialisasikan berbagai program. Di antaranya, sosialisasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Paris, kebijakan MBKM yang dilahirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) perlu terus disosialisasikan sebab belum seluruh perguruan tinggi di wilayah LLDikti III memahami sepenuhnya mengenai MBKM.

"Makanya, kami membuat klaster MBKM. Karena program MBKM itu bagus banget asal disikapi dengan positif thinking," ujar dia.

Senada dengan Paris, Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan menyebut humas memiliki peran penting sebagai sumber data di perguruan tinggi. Bahkan, humas mempunyai tugas lebih berat karena harus menguasai beberapa bidang sekaligus.

"Keberadaan humas idealnya mesti menguasai berbagai hal bahkan mesti melebihi rektor, seperti menguasainya peraturan kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi di Kemdikbudristek juga BAN PT dan lain-lain," tutur Agustinus.

Adapun terkait kolaborasi dengan media, Agustinus mengatakan Universitas Tarumanagara selalu menggandeng media massa dalam menyosialisasikan prestasi, keunggulan, dan berbagai program yang sedang maupun telah dijalankan.

"Prinsipnya, semua media kita pakai. Teman media kita ajak untuk kolaborasi, begitu juga dengan media digital lainnya," terang Agustinus.

KEYWORD :

LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardani Kolaborasi Humas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :