Selasa, 21/05/2024 19:00 WIB

Singgung Pemilu 2024, Puan Maharani: Kita Paham Kapan Bertanding dan Bersanding

Perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di media sosial hingga warung-warung kopi di penjuru negeri,

Ketua DPR, Puan Maharani dalam Sidang Tahunan MPR

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR Puan Maharani menyinggung pelaksanaan Pemilu 2024 dalam pidatonya pada sidang tahunan MPR. Dia meminta semua pihak mengawal perhelatan Pemilu 2024 dengan damai.

“Kita tentu paham kapan waktu bertanding, kapan waktu bersanding,” tutur Puan dalam Sidang Tahunan MPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

“Marilah kita bangun komitmen bersama untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, bersuka ria dan tanpa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Puan mengatakan dalam membangun peradaban demokrasi Indonesia yang makin maju, maka diperlukan pelaksanaan pemilu yang berkualitas.

Puan berharap partai politik (parpol) peserta pemilu yang makin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat. Dia juga mengingatkan agar partai-partai politik senantiasa memegang teguh komitmen untuk menjaga dan mengawal Pancasila serta memperkukuh persatuan bangsa.

“Pelaksanaan pemilu legislatif, presiden dan pilkada serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024. Tahapan pemilu sudah dan sedang dijalankan oleh KPU. Menjadi komitmen kita bersama, untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai pemilu yang demokratis, jujur, adil dan bermartabat,” kata Puan.

Dalam pandangannya, meski pemilu baru berlangsung 14 Februari 2024, namun dinamika politik telah berlangsung sejak saat ini. Di mana, perbincangan soal pergantian presiden sudah menjadi obrolan di masyarakat.

“Kita semua dapat merasakan, bahwa tahun politik sepertinya datang lebih awal. Perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di media sosial hingga warung-warung kopi di penjuru negeri,” imbuhnya.

Dia menyebut terdapat ruang partisipasi rakyat di dalam negara demokratis. Kata Puan, negara memastikan ruang partisipasi rakyat tersebut dapat terselenggara dengan baik dan tidak tak terbatas.

“Demokrasi menjamin partisipasi warga bangsa dalam mengartikulasikan hak politik, hak sosial, hak budaya dan hak ekonomi, bahkan juga memberikan ruang artikulasi kaum perempuan dalam segala bidang,” kata Puan.

KEYWORD :

Ketua DPR Puan Maharani Sidang Tahunan Calon Presiden Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :