Sabtu, 27/04/2024 15:30 WIB

Harga Cabai Melonjak, PDIP Desak Jokowi Evaluasi Mentan

Program Amran cenderung berorientasi neo-liberal. Akibatnya, harga berbagai produk sembako menunjukkan harga yang mencekik rakyat.

Ilustrasi cabai

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) menjadi pihak yang dianggap paling bertanggung jawab atas lonjakan harga cabai akhir-akhir ini. Karena itu, fraksi PDIP mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi kerja Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

"Presiden Jokowi harus melakukan evaluasi mendalam terhadap implementasi program-program yang selama ini dibuat oleh Mentan," ujar anggota komisi IV DPR fraksi PDIP Ono Surono saat dihubungi di Jakarta, Jumat (6/1/2016).

Ono menilai menaiknya harga cabai jelas membebani konsumen bahkan bisa berimbas pada mahalnya komoditas lain. Ia menganggap naiknya harga cabai sebagai bukti kegagalan Amran merealisasikan program ketahanan pangan.

Menurut politisi PDIP tersebut selama ini sejumlah program yang dicanangkan Mentan tampak bagus. Namun judul program yang bagus belum memastikan hasilnya juga berjalan dengan bagus.

Ono juga berpandangan program Amran cenderung berorientasi neo-liberal. Akibatnya, harga berbagai produk sembako menunjukkan harga yang mencekik rakyat.

"Kekuasaan pasar yang pada akhirnya menentukan harga pangan di Indonesia. Produksi meningkat yang selalu digembar-gemborkan Mentan hanya sebagai lips service saja," ucapnya.

KEYWORD :

Harga Cabai Fraksi PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :