Jum'at, 26/04/2024 07:48 WIB

Mantan Marinir AS Tahanan Rusia Akhirnya Dibebaskan

Seorang mantan marinir Amerika Serikat (AS) yang ditahan di penjara Rusia sejak 2019, Trevor Reed, akhirnya dibebaskan pada Rabu (27/4) dalam program pertukaran tahanan.

Trevor Reed ditahan di Rusia (Foto: BBC)

Moskow, Jurnas.com - Seorang mantan marinir Amerika Serikat (AS) yang ditahan di penjara Rusia sejak 2019, Trevor Reed, akhirnya dibebaskan pada Rabu (27/4) dalam program pertukaran tahanan.

Dikutip dari BBC, pejabat AS dan Rusia mengkonfirmasi pertukaran tahanan dan menyampaikan bahwa Trevor Reed sedang dalam perjalanan kembali menuju AS.

Sebagai gantinya, Kementerian Luar Negeri Rusia menjamin pembebasan Konstantin Yaroshenko, seorang warga negara Rusia yang dipenjara atas tuduhan penyelundupan narkoba.

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan marinir itu akan menceritakan kisahnya setelah mengatasi "segudang masalah kesehatan" yang disebabkan oleh tinggal di gulag Rusia.

Di sisi lain, Presiden Joe Biden mengatakan dia "senang" berbagi berita tentang kembalinya Reed dengan orang tuanya.

"Saya mendengar dalam suara orang tua Trevor betapa mereka mengkhawatirkan kesehatannya dan merindukan kehadirannya," katanya.

"Negosiasi yang memungkinkan kami membawa pulang Trevor membutuhkan keputusan sulit yang tidak saya anggap enteng," imbuh dia.

Diketahui, Reed pergi ke Moskow pada tahun 2019 untuk belajar bahasa Rusia dan mengunjungi pacar Rusia-nya.

Pada suatu malam, dia ditahan oleh dua petugas polisi setelah menghadiri sebuah pesta. Saat dibawa ke kantor polisi, dia dikatakan telah menangkap petugas polisi yang mengemudi, menyebabkan dia berbelok dengan berbahaya, dan menyikut petugas lain yang mencoba untuk campur tangan.

Mengaku tidak ingat kejadian itu, Reed bersikukuh tidak bersalah tetapi dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara pada tahun 2020 atas tuduhan penyerangan.

Pemerintah AS menyuarakan beberapa kekhawatiran tentang keadilan persidangannya, dengan Duta Besar AS untuk Rusia John Sullivan baru-baru ini mengatakan bahwa Reed "tetap di penjara karena kejahatan yang tidak dilakukannya".

Menurut Reeds, putra mereka diperlakukan dengan buruk di penjara dan bahkan tertular TBC. Pertukaran tahanan tampaknya telah dilakukan di Turki.

Sementara itu, Yaroshenko, seorang pilot Rusia, menjalani hukuman 20 tahun karena menyelundupkan kokain ke AS. Pengacaranya telah mengkonfirmasi bahwa warga negara Rusia itu juga akan pulang.

KEYWORD :

Rusia Amerika Serikat Trevor Reed Pertukaran Tahanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :