Kamis, 16/05/2024 02:00 WIB

Wirawan Panoedjoe: Masyarakat Mandiri 21 Apresiasi GerNas BBI-2022

UMKM Penggerak Ekonomi Bangsa

Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21, Wirawan Panoedjoe Soebagyo, M.S

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21, Wirawan Panoedjoe Soebagyo, megapresiasi adanya GerNas BBI 2022 (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia).

"GerNas BBI 2022 ini bisa menjadi langkah yang sangat berpotensi untuk perluasan peran UMKM," ujar Wirawan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (31/3/2022). 

Wirawan menjelaskan, sudah sepatutnya Pemerintah dan semua pihak untuk ikut bersinergi dalam pengembangan UMKM, karena sesuai dengan data bahwa peran UMKM terhadap Perekonomian Indonesia sangatlah vital.

"Dalam pemulihan ekonomi di Indonesia langkah yang tepat adalah hidupkan ekosistem yang lebih luas untuk para UMKM Indonesia," tegasnya. 

Wirawan juga mengatakan pemanfaatan teknologi harus dimaksimalkan, karena di era digitalisasi seperti sekarang, jangkauan pasar akan semakin luas dengan teknologi.

"Bukan hanya pasar lokal, UMKM juga bisa menjangkau pasar Internasional. Karena secara kualitas kita tidak kalah jauh dari produk-produk luar negeri," jelasnya. 

Karena itu, Wirawan mengajak semua pihak untuk bersinergi. Kementrian terkait serta lembaga-lembaga yang bersangkutan harus saling bahu-membahu membantu mewujudkan GerNas BBI 2022 ini.

"Kita sebagai masyarakat juga harus mendukung serta memberikan apresiasi langkah-langkah yang dirumuskan Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi dan menciptakan Industri yang lebih mumpuni untuk UMKM di Negeri kita," tuntas Wirawan. 

KEYWORD :

Gerakan Nasional BBI 2022 Masyarakat Mandiri 21 Wirawan Panoedjoe Soebagyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :