Sabtu, 27/04/2024 10:10 WIB

Kuliah di Malaysia Jadi Pilihan Teratas Pelajar Indonesia

Malaysia menjadi salah satu pusat pendidikan global yang populer di kalangan pelajar internasional, untuk melanjutkan pendidikan ke peringkat yang lebih tinggi.

Ketua Pegawai Eksekutif (CEO) EMGS, En. Mohd Radzlan bin Jalaludin di Jakarta (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Malaysia menjadi salah satu pusat pendidikan global yang populer di kalangan pelajar internasional, untuk melanjutkan pendidikan ke peringkat yang lebih tinggi.

Menurut data terkini dari Education Malaysia Global Services (EMGS), Indonesia kini berada di ranking kedua dalam daftar negara dengan permohonan tertinggi dari pelajar internasional pada 2021 hingga Februari 2022.

Lima negara yang mempunyai jumlah permohonan tertinggi lainnya adalah seperti China, Bangladesh, Nigeria dan India.

Indonesia dan Malaysia juga telah menjalin hubungan kerjasama yang baik sejak dahulu, terutama dalam sektor pendidikan. Mayoritas dari penerima biasiswa Malaysia International Scholarship (MIS) juga terdiri daripada pelajar-pelajar peringkat pascasarjana dari Indonesia.

Sehubungan dengan itu, dalam rangka meningkatkan branding `Study in Malaysia`, Education Malaysia Global Services (EMGS) dan Education Malaysia Indonesia (EMI) membuka program mobiliti untuk pelajar Indonesia pada awal 2022.

Inisiatif ini telah memberi peluang kepada 46 pelajar Indonesia untuk ikut serta dalam program mobiliti di Malaysia melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

EMGS juga berpartisipasi dalam kegiatan World Education Expo 2022 Indonesia, yang diadakan sejak 16-19 Maret 2022 di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Program ini juga berpeluang untuk menghubungkan 10 perwakilan institusi pendidikan tinggi di Malaysia dengan pelajar Indonesia serta orang tua mereka dalam mendapatkan informasi terkini untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia.

"Dengan kelonggaran prosedur operasi standard (SOP), EMGS bersedia untuk menyambut lebih banyak lagi pelajar internasional ke Malaysia khususnya pelajar dari Indonesia," kata Ketua Pegawai Eksekutif (CEO) EMGS, En. Mohd Radzlan bin Jalaludin di Jakarta pada Senin (21/3).

"Sebagai sebuah institusi yang berperan untuk mempromosikan Malaysia sebagai pilihan utama pendidikan internasional, EMGS berharap inisiatif dan kunjungan ini dapat bermanfaat dan menghubungkan lebih banyak institusi pendidikan tinggi di Malaysia dengan pelajar internasional serta orang tua pelajar khususnya di Indonesia," tutup dia.

KEYWORD :

Kuliah di Malaysia EMGS Perguruan Tinggi Kampus Merdeka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :