Kamis, 25/04/2024 08:45 WIB

Jelang SNBT UNBK, Calon Mahasiswa Diimbau Rajin Try Out

Jelang SNBT UNBK, Calon Mahasiswa Diimbau Rajin Try Out

Ilustrasi seleksi perguruan tinggi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Platform edukasi teknologi, Zenius, menggelar Grand Try Out (GTO) 2023 menjelang pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang akan berlangsung sekitar satu bulan lagi.

GTO Zenius merupakan kompetisi try out tahunan yang dilaksanakan secara daring untuk siswa kelas 12 atau yang sedang mengambil gap year. GTO Zenius juga didesain membantu para siswa mengukur kemampuan dalam mengikuti ujian SNBT UTBK.

Founder Zenius, Sabda PS mengatakan bahwa try out dibutuhkan oleh para calon mahasiswa untuk menghadapi SNBT-UTBK, guna mendapatkan gambaran jenis soal yang digunakan dalam ujian tersebut. Sehingga, peserta bisa memperoleh hasil maksimal.

"Dengan demikian, diharapkan para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk memperbaiki kemampuan dan mendapatkan hasil yang memuaskan pada SNBT UTBK 2023," ujar Sabda dalam keterangannya pada Kamis (6/4).

Sabda menambahkan, ketika siswa terbiasa mengerjakan atau melatih soal-soal yang lebih sulit, mereka akan lebih siap dan terlatih menghadapi soal-soal SNBT UTBK.

GTO Zenius bertujuan membantu mempertajam kemampuan para siswa dalam menghadapi SNBT UTBK melalui soal-soal yang sudah dirancang menyerupai peraturan terbaru SNBT 2023.

Selain itu, soal yang disajikan juga sangat menantang dan dilengkapi dengan pembahasan. Siswa juga dapat melihat perkembangan nilai mereka dan mengidentifikasi kelemahannya sehingga mereka bisa fokus untuk memperbaiki hal tersebut.

Tidak hanya tes berupa soal, GTO Zenius juga menyediakan klinik pembahasan soal yang dipandu oleh para tutor Zenius. Siswa dan tutor melakukan pembahasan secara interaktif mengenai soal-soal yang dianggap sulit oleh para siswa ketika mereka mengerjakan try out.

Tahun ini, tercatat sebanyak 43.166 siswa dari 23.788 sekolah yang mendaftar di GTO Zenius. Skor rata-rata IRT para siswa yang mengikuti tes mencapai 372,5, dengan skor tertinggi mencapai 727.

Hasil dari GTO Zenius 2023 menunjukkan bahwa rata-rata skor IRT peserta tercatat cukup rendah, yaitu sebesar 372,5. Hal ini disebabkan karena soal-soal yang disediakan Zenius cukup menantang bagi para siswa. Terbukti dari fakta bahwa hanya 20 persen peserta yang berhasil meraih skor IRT di atas 550, sedangkan sisanya belum mencapai skor tersebut.

Diketahui, GTO Zenius tahun ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan, dan telah diikuti oleh lebih dari 100 ribu siswa sejak tahun 2020.

KEYWORD :

SNBT-UTBK Zenius Try Out Tes Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :