Sabtu, 27/04/2024 14:42 WIB

Daging Masa Depan, Buatan Pabrik?

Tahun lalu telah ditemukan cara untuk membuat daging burger dari sel punca (stem cell) tetapi teknologi untuk membuatnya masih terlalu sulit dan sangat mahal.

Perhatikan tips ini jika ingin mengolah daging kambing (Foto: Fahbench)

Jakarta - Tahun lalu telah ditemukan cara untuk membuat daging burger dari sel punca (stem cell) tetapi teknologi untuk membuatnya masih terlalu sulit dan sangat mahal, membuatnya sulit untuk bisa menjadi daging yang bisa dijual di pasaran. Banyak yang yakin bahwa di masa depan teknologi daging buatan ini akan semakin murah.

Tak perlu menunggu terlalu lama, beberapa hari yang lalu dalam Jurnal Trends in Biotechnology, suatu metode baru untuk membuat daging sapi di laboratorium telah ditemukan. Terobosan ini telah memotong perkiraan jumlah biaya dalam memroduksi daging buatan. Walaupun perhitungannya masih cukup mahal karena bisnis membuat daging buatan memang membutuhkan bahan baku yang mahal. Salah satu yang paling mahal adalah memberi makan sel-sel pembuatnya.

Cara membuatnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Ahli Bioenginer Johannes Tramper mengambil beberapa sel punca dari sapi. Kemudian sel punca ini dimasukkan ke dalam bioreaktor berbentuk silinder seperti yang digunakan di dalam industri farmasi saat ini. Bedanya dengan teknologi yang lalu yang hanya membuat daging dalam ukuran kecil, seukuran burger, saat ini Johannes membuatnya dalam jumlah yang lebih besar.

Satu bioreaktor bisa menghasilkan 25.600 kilo daging dalam satu tahun. Sayangnya biayanya masih cukup mahal sekitar 534 dolar per kilo. Masih sangat mahal. Komponen yang paling mahal adalah harga cairan yang membuat sel bisa tumbuh. Walaupun cita-cita membuat daging buatan ini adalah agar bisa mengurangi pemotongan hewan tetapi kebanyakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat daging buatan ini masih mengambil dari hewan.

Walaupun demikian, menurut perkiraan Tramper yang berasal dari Universitas Wageningen dari Belanda, harganya bisa diturunkan lagi sampai dengan 8 Euro per kilo. Harganya memang masih lebih mahal hampir tiga kalinya harga biasa tetapi sudah mendekati. Biaya terbesar untuk membuat daging buatan ini masih bahan-bahan pendukung dan laboratorium pembuatannya yang tentunya membutuhkan pembiayaan yang sangat besar.

KEYWORD :

daging buatan makanan olahan pabrik penelitian teknologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :