Kamis, 16/05/2024 05:04 WIB

Jelang MotoGP Mandalika, Sandiaga Uno Fokus Prioritaskan UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyatakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tengah melakukan berbagai persiapan untuk menyelenggarakan MotoGP di Mandalika, NTB, pada Maret 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyatakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tengah melakukan berbagai persiapan untuk menyelenggarakan MotoGP di Mandalika, NTB, pada Maret 2022.

Sandiaga mengaku bakal melibatkan UMKM untuk mendukung acara tersebut sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

"Rencananya Bapak Presiden akan meninjau langsung kesiapan dari MotoGP yang akan menjadi simbol kebangkitan kita, kebangkitan ekonomi tentunya dalam lingkup protokol kesehatan," ujar Sandiaga Uno.

"Satu hal yang diingatkan tadi, MotoGP ini sangat bermanfaat bagi ekonomi setempat, terutama UMKM," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, sejumlah persiapan, khususnya mitigasi COVID-19 juga menjadi fokus utama. Pasalnya, kunci utama digelarnya beragam kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan MotoGP Mandalika 2022 adalah terkendalinya Covid-19.

"Kami terus persiapkan dan dari sembilan isu utama, kami melihat ada progress yang signifikan," ujar Sandiaga Uno

Lebih lanjut, mantan Wagub DKI Jakarta ini berkata Presiden Jokowi meminta MotoGP mampu memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, khususnya masyarakat setempat di sekitar kawasan Mandalika.

Sandiaga mengaku pihaknya telah menyusun sejumlah side event, mulai dari atraksi budaya, seni maupun kunjungan ke desa wisata maupun sentra ekonomi kreatif di sekitar Lombok.

Terkait UMKM, Sandiaga Uno mengklaim telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Bank Indonesia yang akan menggandeng UMKM terbaik se-Nusantara.

"Mengenai UMKM kita sudah berbagi tugas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan menangani sisi digitalnya, sementara Kementerian Koperasi UMKM akan menangani sisi physical," ungkap Sandiaga Uno.

"Ini dikurasi oleh Bank Indonesia, jadi semuanya akan dilibatkan, UMKM NTB, UMKM Indonesia dan UMKM dari lima Destinasi Super Prioritas," ujarnya.

KEYWORD :

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno MotoGP Mandalika Prioritaskan UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :