Jum'at, 26/04/2024 20:50 WIB

KTT ASEAN, Transaksi Uang Asing Diperkirakan Capai Rp15,8 Miliar

Pengeluaran terbesar wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo adalah akomodasi, konsumsi, dan belanja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto istimewa)

Labuhan Bajo, Jurnas.com - Penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo 9-12 Mei diperkirakan bakal menggenjot transaksi mata uang asing (foreign exhange) dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang jumlahnya diperkirakan mencapai Rp15,8 miliar.

“Estimasi perdagangan mata uang asing pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama KTT ASEAN Labuan Bajo 2023 yang dihasilkan dari kehadiran para delegasi dan media internasional adalah Rp15,8 miliar,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo dihadiri oleh 585 pengunjung luar negeri, terdiri atas 540 delegasi ASEAN dan 45 media asing.

Adapun perkiraan angka Rp15,8 miliar itu didapat berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang pengeluaran rata-rata wisatawan mancanegara dalam rangka meetings, incentivesm conference, and excibition (MICE) dan kunjungan bisnis di Labuan Bajo pada periode 2019, 2020, 2021.

Menurut data Kemenparekraf, pengeluaran terbesar wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo adalah akomodasi, konsumsi, dan belanja.(ant)

KEYWORD :

KTT ASEAN Sandiaga Uno Uang Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :