Jum'at, 26/04/2024 07:20 WIB

Menkes Jerman Ingin Ubah Strategi Vaksinasi COVID-19

Lauterbach, yang diangkat menjadi menteri kesehatan bulan lalu, membuat komentarnya dalam rilis lanjutan dari sebuah wawancara yang akan diterbitkan di surat kabar Welt am Sonntag pada Minggu (9/1).

Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach memberi isyarat saat dia berbicara selama konferensi pers dengan Lothar Wieler, kepala Institut Robert Koch (RKI) Jerman untuk pengendalian penyakit, di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID 19), di Berlin, Jerman 22 Desember 2021. REUTERS/Annegret Hilse

FRANKFURT, Jurnas.com - Menteri Kesehatan Karl Lauterbach mengatakan, Jerman harus mengubah strategi vaksinasi COVID-19 untuk mengatasi varian Omicron dan memastikannya dapat mengembangkan vaksin baru dengan cepat jika menghadapi varian virus corona yang lebih mematikan di masa depan.

Lauterbach, yang diangkat menjadi menteri kesehatan bulan lalu, membuat komentarnya dalam rilis lanjutan dari sebuah wawancara yang akan diterbitkan di surat kabar Welt am Sonntag pada Minggu (9/1).

"Jika kita mendapatkan varian yang menular seperti Omicron, tetapi secara signifikan lebih mematikan, kita harus dapat mengembangkan dan memproduksi vaksin baru dalam waktu yang sangat singkat," kata Lauterbach.

Pemerintah berencana untuk menerapkan sistem permanen untuk membeli dan memberikan suntikan dengan cepat pada waktu tertentu karena mungkin ada wabah baru yang serius, katanya.

"Kita tidak boleh terlena dengan asumsi naif bahwa (pandemi) akan segera berakhir. Ini belum berakhir," katanya.

Jerman menutup pusat vaksinasi besar di beberapa negara bagian musim panas lalu ketika permintaan untuk suntikan COVID-19 sempat menurun drastis sebelum meningkat lagi.

Varian Omicron sekarang menyumbang 44 persen dari infeksi virus corona di Jerman, kata Robert Koch Institute (RKI) untuk penyakit menular.

Pada Sabtu, RKI menghitung 55.889 infeksi korona baru yang dilaporkan dalam waktu 24 jam, lebih dari dua kali lipat jumlah minggu sebelumnya.

Kanselir Olaf Scholz dan para pemimpin regional memperketat aturan untuk kunjungan restoran dan bar pada hari Jumat sebagai bagian dari upaya untuk mendorong lebih banyak orang untuk mendapatkan vaksinasi ketiga, atau suntikan booster, tetapi memperpendek periode karantina.

Majelis rendah parlemen Bundestag juga akan segera membahas rancangan undang-undang untuk mandat vaksinasi umum.

KEYWORD :

Karl Lauterbach Varian Omicron Jerman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :