Sabtu, 02/03/2024 21:02 WIB

Jerman Pesan 18 Tank Leopard 2A8 untuk Dikirim ke Ukraina

Perusahaan mengatakan bahwa pengiriman tank baru dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025, dan kesepakatan tersebut mencakup opsi untuk 105 tank Leopard 2A8 lainnya.

Tank Leopard 2 terlihat beraksi saat kunjungan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius di batalion tank Bundeswehr 203 di Field Marshal Rommel Barracks di Augustdorf, Jerman, pada 1 Februari 2023. (Foto: AP Photo/Martin Meissner)

JAKARTA, Jurnas.com - Militer Jerman memesan 18 tank Leopard 2 baru untuk menggantikan kendaraan yang dikirim ke Ukraina awal tahun ini. Hal itu diungkapkan sebuah perusahaan pertahanan terkemuka, Kraus-Maffei Wegmann, Jumat (26/5).

Kraus-Maffei Wegmann mengatakan kontrak untuk tank Leopard 2A8 telah ditandatangani dengan kantor federal untuk peralatan militer. Itu tidak memberikan rincian keuangan, tetapi komite anggaran parlemen Jerman pada hari Rabu menyetujui pendanaan sekitar €525 juta (US$563 juta).

Perusahaan mengatakan bahwa pengiriman tank baru dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025, dan kesepakatan tersebut mencakup opsi untuk 105 tank Leopard 2A8 lainnya.

Kraus-Maffei Wegmann juga akan memproduksi 12 howitzer self-propelled baru untuk militer Jerman sebagai bagian dari opsi yang disepakati pada bulan Maret, kata perusahaan itu.

Menteri pertahanan Jerman mendorong agar tank baru diperoleh secepat mungkin setelah pemerintah setuju pada akhir Januari untuk menyediakan 14 tank tempur Leopard 2A6 ke Ukraina.

Jumlah itu meningkat beberapa minggu kemudian menjadi 18 saat Berlin dan lainnya bergegas untuk merakit dua batalyon tank Leopard 2 untuk Kyiv.

Jerman, Denmark, dan Belanda juga telah setuju untuk menyediakan Ukraina dengan tank Leopard 1 yang diperbarui, model lama yang tidak digunakan militer Jerman selama dua dekade.

Sumber: AP

KEYWORD :

Leopard 2A8 Jerman Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :