Rabu, 15/05/2024 11:58 WIB

India Mulai Suntikan Vaksin Booster ke Petugas Kesehatan Mulai 10 Januari

India telah melaporkan peningkatan cepat dalam kasus Omicron, dengan jumlah mencapai 415 secara keseluruhan di 17 negara bagian India.

Perdana Menteri ndia Narendra Modi mendengarkan saat upacara pembukaan KTT Iklim PBB COP26, di Glasgow, Skotlandia, 1 November 2021. (Foto: AP/Alberto Pezzali)

NEW DELHI, Jurnas.com - Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan, India akan mulai memberikan suntikan booster COVID-19 sebagai tindakan pencegahan untuk perawatan kesehatan dan pekerja garis depan mulai 10 Januari.

Dikutip dari Reuters, dalam pidato nasional, Modi juga mengatakan mereka yang berusia 15-18 akan mulai menerima vaksinasi COVID-19 mulai 3 Januari dan mereka yang berusia di atas 60 tahun dengan penyakit penyerta akan ditawarkan suntikan penguat setelah rekomendasi dari dokter.

"Dari sudut pandang pencegahan, pemerintah telah memutuskan bahwa petugas kesehatan dan pekerja garis depan harus mulai mendapatkan dosis pencegahan," kata Modi dalam pidatonya, Sabtu (25/12).

India telah melaporkan peningkatan cepat dalam kasus Omicron, dengan jumlah mencapai 415 secara keseluruhan di 17 negara bagian India.

Pemerintah Modi telah mempercepat kampanye vaksinasinya, memberikan setidaknya satu dosis kepada 88 persen dari 944 juta populasi yang memenuhi syarat, sementara 61 persen telah menggunakan kedua dosis tersebut.

Ketika jutaan orang masih menunggu suntikan kedua, pihak berwenang sekarang akan mulai menawarkan suntikan tambahan kepada petugas kesehatan dan garis depan, yang menderita gelombang kedua virus yang luar biasa di musim panas yang menewaskan puluhan ribu orang.

Pakar medis mengatakan India perlu menggandakan kampanye vaksinasi dan memperluas cakupan untuk mencegah kemungkinan lonjakan infeksi baru terutama di daerah pedalaman yang luas di mana fasilitas kesehatan jarang.

Modi mendesak warga untuk terus memakai masker dan mengikuti protokol COVID-19 lainnya.

Pemerintah federal telah mendesak negara bagian untuk memberlakukan pembatasan kepadatan di musim perayaan sampai tahun baru dan beberapa negara bagian telah melarang sebagian perayaan publik.

Infeksi COVID-19 di negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu telah turun hampir setengahnya dari sebulan lalu. Dalam 24 jam terakhir, India melaporkan 7.189 infeksi baru, dengan penghitungan keseluruhan 34,78 juta, tertinggi kedua secara global di belakang Amerika Serikat (AS).

KEYWORD :

Narendra Modi Vaksin Booster COVID-19 India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :