Senin, 29/04/2024 19:39 WIB

Gelombang Panas Tewaskan 96 Orang di India

Pihak berwenang memperingatkan penduduk berusia di atas 60 tahun dan lainnya yang menderita berbagai penyakit untuk tinggal di dalam rumah pada siang hari.

Cuaca panas di India mencapai 49 derajat celsius (Foto: BBC)

JAKARTA, Jurnas.com - Setidaknya 96 orang tewas di dua negara bagian terpadat di India selama beberapa hari terakhir akibat gelombang panas yang terik mengguncang sebagian besar negara tersebut.

Kematian terjadi di negara bagian utara Uttar Pradesh dan Bihar timur di mana pihak berwenang memperingatkan penduduk berusia di atas 60 tahun dan lainnya yang menderita berbagai penyakit untuk tinggal di dalam rumah pada siang hari.

Semua korban jiwa di Uttar Pradesh, berjumlah 54, dilaporkan di distrik Ballia, sekitar 300 km tenggara Lucknow, ibu kota negara bagian. Pihak berwenang menemukan sebagian besar dari mereka yang meninggal berusia di atas 60 tahun dan memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, yang mungkin diperburuk oleh panas yang menyengat.

SK Yadav, seorang petugas medis di Ballia, mengatakan dalam tiga hari terakhir, sekitar 300 pasien dirawat di rumah sakit distrik karena berbagai penyakit yang diperparah oleh panas.

Karena gentingnya situasi, pihak berwenang membatalkan aplikasi cuti tenaga medis di Ballia dan menyediakan tempat tidur rumah sakit tambahan di bangsal darurat untuk mengakomodasi masuknya pasien.

Para pejabat mengatakan sebagian besar pasien yang dirawat berusia 60 tahun ke atas, menunjukkan gejala seperti demam tinggi, muntah, diare, kesulitan bernapas, dan masalah terkait jantung.

RS Pathak, warga Ballia yang kehilangan ayahnya pada hari Sabtu, mengatakan bahwa dia menyaksikan peningkatan arus pasien di bangsal darurat rumah sakit, saat dia merawat ayahnya.

"Ini tidak pernah terjadi di Ballia. Saya belum pernah melihat orang meninggal karena panas dalam jumlah yang begitu besar," katanya. "Orang-orang takut keluar. Jalan dan pasar sebagian besar sepi."

Ballia, bersama dengan Uttar Pradesh tengah dan timur, saat ini bergulat dengan panas yang menindas.

Pada hari Minggu, distrik tersebut mengalami suhu maksimum 43 derajat Celcius, melebihi kisaran normal sebesar lima derajat. Kelembaban relatif tercatat sebesar 25 persen, mengintensifkan dampak panas.

Atul Kumar Singh, seorang ilmuwan dari Departemen Meteorologi India, atau IMD, mengatakan suhu di seluruh negara bagian saat ini di atas normal. Dia menambahkan, "tidak ada bantuan yang diharapkan dalam 24 jam ke depan".

IMD mengeluarkan peringatan yang mengatakan kondisi gelombang panas akan berlangsung hingga 19 Juni di beberapa bagian Uttar Pradesh.

Menteri Kesehatan negara bagian, Brijesh Pathak, mengatakan bahwa mereka telah membuka penyelidikan atas penyebab kematian "begitu banyak orang" di Ballia.

Di Bihar timur, panas terik melanda sebagian besar negara bagian itu, menyebabkan 42 kematian dalam dua hari terakhir. Di antara korban jiwa, 35 terjadi di dua rumah sakit di ibu kota negara bagian Patna di mana lebih dari 200 pasien yang menderita diare dan muntah dirawat.

Patna mencatat suhu maksimum 44,7 derajat Celcius pada Sabtu (17/6).

Bulan-bulan musim panas utama, April, Mei, dan Juni  umumnya adalah yang terpanas di sebagian besar India, sebelum musim hujan membawa suhu yang lebih dingin.

Tetapi suhu menjadi lebih intens dalam dekade terakhir. Selama gelombang panas, negara tersebut biasanya mengalami kekurangan air yang parah, dengan puluhan juta dari 1,4 miliar penduduknya kekurangan air bersih.

Sebuah studi oleh World Weather Attribution, sebuah kelompok akademik yang meneliti sumber panas ekstrem, menemukan bahwa gelombang panas yang membakar pada bulan April yang melanda sebagian Asia Selatan setidaknya 30 kali lebih mungkin terjadi akibat perubahan iklim.

Pada bulan April, panas menyebabkan kematian 13 orang pada acara pemerintah di ibu kota keuangan India, Mumbai, dan mendorong beberapa negara bagian menutup semua sekolah selama seminggu.

Sumber: AP

KEYWORD :

Gelombang Panas Gelombang Panas India Korban Gelombang Panas India Asia Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :