Senin, 29/04/2024 14:03 WIB

Populasi Harimau di India Meningkat Jadi 3.167 Tahun 2022

Dari 2006 hingga 2018, jumlah harimau hampir dua kali lipat menjadi 2.967 dan sekarang jauh di atas 3.000.

Harimau New York (foto: Tass)

JAKARTA, Jurnas.com - Populasi harimau India telah meningkat menjadi 3.167 pada tahun 2022, menurut sensus terbaru yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Narendra Modi saat negara tersebut merayakan 50 tahun proyek konservasi harimau.

Dari 2006 hingga 2018, jumlah harimau hampir dua kali lipat menjadi 2.967 dan sekarang jauh di atas 3.000, menurut data sensus yang dirilis pada Minggu di negara yang menjadi rumah bagi 70 persen harimau dunia.

"Ini sukses tidak hanya untuk India tetapi juga seluruh dunia," kata Modi pada pertemuan di Mysuru di negara bagian selatan Karnataka, di mana dia merilis laporan tersebut. "India adalah negara di mana melindungi alam adalah bagian dari budaya kita."

Proyek Harimau dimulai pada tahun 1973 setelah sensus kucing besar menemukan bahwa harimau India dengan cepat punah karena hilangnya habitat, perburuan olahraga yang tidak diatur, peningkatan perburuan dan pembunuhan pembalasan oleh penduduk setempat. Cagar harimau telah meningkat menjadi 53 dari semula sembilan ketika upaya konservasi harimau diluncurkan.

Populasi harimau diyakini sekitar 1.800 50 tahun yang lalu, tetapi para ahli secara luas menganggap perkiraan itu terlalu tinggi karena metode penghitungan yang tidak tepat di India hingga survei saat ini diluncurkan pada tahun 2006. Itu melakukan penghitungan setiap empat tahun, dan dalam sensus pertamanya, 1.411 harimau dihitung.

Modi mengatakan meskipun India hanya memiliki 2,4 persen dari luas daratan dunia, India menyumbang sekitar delapan persen keanekaragaman (spesies) global yang diketahui dunia.

Modi juga meluncurkan Aliansi Kucing Besar Internasional, yang menurutnya akan fokus pada perlindungan dan konservasi tujuh spesies kucing besar: harimau, singa, macan tutul, macan tutul salju, puma, jaguar, dan cheetah.

Rajesh Gopal dari Forum Harimau Global mengatakan upaya Proyek Harimau benar-benar sukses dan tak tertandingi dalam sejarah konservasi.

"Selama 50 tahun terakhir, begitu banyak yang telah dilakukan dan belajar tentang hewan/predator, co-predator, dan orang-orang yang tinggal di sekitar," katanya kepada Al Jazeera dari Mysuru.

Namun kelompok masyarakat adat dan beberapa pelestari lingkungan mengatakan proyek tersebut telah menyebabkan tergusurnya masyarakat yang telah tinggal di hutan sejak ribuan tahun.

Sekitar 40.000 harimau diyakini telah hidup di India pada saat kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947. Sejak melihat penurunan tajam dalam jumlah harimau, India telah berusaha untuk meningkatkan pengelolaan predator dengan mempertahankan habitat khusus untuk hewan dari kaki bukit Himalaya di timur laut hingga daerah di India barat dan tengah.

Populasi manusia yang tumbuh di negara itu semakin merambah wilayah hewan liar, mendorong mereka ke dalam konflik yang sering terjadi dengan manusia.

Merupakan kejahatan untuk membunuh harimau, yang dikategorikan terancam punah di bawah Undang-Undang Perlindungan Margasatwa India.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

India Harimau Asia Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :