Sabtu, 11/05/2024 20:07 WIB

China: AS akan Bayar Harga atas Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin

Pada Senin (6/12), Gedung Putih mengatakan pejabat pemerintah AS akan memboikot Olimpiade Musim Dingin karena

Logo Beijing 2022 terlihat di luar markas besar Komite Penyelenggara Beijing untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 dan Paralimpiade di Taman Shougang, 10 November 2021. (Reuters/Thomas Peter)

BEIJING, Jurnas.com - China mengingatkan, Amerika Serikat (AS) harus membayar harga atas boikot diplomatiknya terhadap Olimpiade Musim Dingin di Beijing. Itu disampaikan beberapa minggu setelah pertemuan untuk meredakan ketegangan hubungan antara kedua negara

Pada Senin (6/12), Gedung Putih mengatakan pejabat pemerintah AS akan memboikot Olimpiade Musim Dingin karena "kekejaman" hak asasi manusia China, meskipun atlet AS bebas bepergian ke sana untuk bersaing.

Boikot AS, yang didorong selama berbulan-bulan oleh beberapa anggota Kongres dan kelompok advokasi hak, terjadi meskipun ada upaya untuk menstabilkan hubungan, dengan pertemuan video bulan lalu antara Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping.

"China menentang boikot itu dan akan mengambil tindakan balasan yang tegas," kata juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian dalam jumpa pers reguler di Beijing, Selasa (7/12).

"AS akan membayar harga untuk tindakan kelirunya," katanya, tanpa memberikan rincian. "Mari kita semua menunggu dan melihat."

AS akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2028 di Los Angeles dan sedang mempersiapkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030 di Salt Lake City.

Ditanya apakah China akan mempertimbangkan boikot diplomatik Olimpiade di AS, Zhao mengatakan boikot AS telah "merusak fondasi dan suasana" pertukaran olahraga dan kerja sama di Olimpiade, yang ia umpamakan "mengangkat batu untuk menghancurkan milik kaki sendiri".

Dia meminta Paman Sam untuk menjauhkan politik dari olahraga, mengatakan boikot itu bertentangan dengan prinsip-prinsip Olimpiade.

Media dan cendekiawan China mengkritik boikot AS.

"Bodoh dan konyol Amerika Serikat melakukan ini," Wang Wen, seorang profesor di Universitas Renmin di Beijing, mengatakan kepada Reuters, menambahkan, kekuatan besar lainnya dapat melakukan hal yang sama ke Washington ketika giliran AS menjadi tuan rumah pertemuan itu. Permainan.

"Bagi para politisi AS yang tidak diundang untuk mengatakan bahwa mereka sedang melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing, itu hanya `menyampaikan cinta yang tak terbalas`," kata kantor berita Xinhua dalam sebuah komentar.

Pemerintahan Biden menyoroti sebagai alasan untuk memboikot apa yang disebut Washington sebagai genosida terhadap minoritas Muslim di wilayah Xinjiang di barat jauh China.

China menyangkal semua pelanggaran hak.

"Perwakilan diplomatik atau resmi AS akan memperlakukan permainan ini sebagai bisnis seperti biasa dalam menghadapi pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan dan kekejaman RRT di Xinjiang, dan kami tidak bisa melakukan itu," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki pada hari Senin, merujuk ke Republik Rakyat China.

"Para atlet di Tim USA mendapat dukungan penuh kami," tambah Psaki pada konferensi pers. "Kami akan berada di belakang mereka 100 persen saat kami mendukung mereka dari rumah."

George W Bush adalah presiden AS terakhir yang menghadiri upacara pembukaan Olimpiade, sebagai tuan rumah di Salt Lake City pada 2004. Wakil Presiden Mike Pence menghadiri Olimpiade Musim Dingin 2018 di resor Korea Selatan Pyeongchang.

Tidak jelas apakah negara-negara lain akan bergabung dengan Amerika Serikat, meskipun Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan sekutu dikonsultasikan dengan "pendekatan bersama".

Kementerian luar negeri Kanada mengatakan, masih sangat terganggu oleh laporan mengganggu pelanggaran hak asasi manusia di China dan terus membahas masalah tersebut dengan mitra dan sekutu.

Pemerintah Australia dan Jepang mengatakan mereka juga masih mempertimbangkan posisi mereka.

Wakil perdana menteri Selandia Baru, Grant Robertson, mengatakan negara itu tidak akan mengirim pejabat pemerintah tetapi keputusan itu sebagian besar didasarkan pada kekhawatiran COVID-19 dan mendahului boikot AS.

Pekan lalu, Stefano Sannino, kepala layanan diplomatik Uni Eropa, mengatakan boikot adalah masalah bagi masing-masing negara anggota, bukan kebijakan luar negeri Uni Eropa yang umum.

Presiden Rusia Vladimir Putin adalah satu-satunya pemimpin negara besar yang telah menerima undangan.

Kelompok hak asasi manusia menyambut baik langkah itu, tetapi mengatakan Washington dapat berbuat lebih banyak untuk meminta pertanggungjawaban China.

Namun, beberapa analis politik mengatakan boikot itu bukan merupakan ancaman bagi Olimpiade dan lebih merupakan masalah penampilan yang dipicu oleh Beijing dengan ancaman pembalasan.

"Ini akan menjadi non-cerita jika dibiarkan saja," kata Lisa Delpy Neirotti, seorang profesor manajemen olahraga di Sekolah Bisnis Universitas George Washington.

"Kami biasanya tidak mengirim delegasi pemerintah dalam jumlah besar, terutama di masa COVID."

Boikot diplomatik menempatkan sponsor Olimpiade perusahaan di "tempat yang canggung" tetapi tidak menimbulkan kekhawatiran daripada tindakan penuh yang melarang atlet, kata Neal Pilson, mantan presiden CBS Sports yang telah mengawasi kesepakatan hak siar Olimpiade.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah tidak akan mendikte praktik sektor swasta, tetapi mengatakan perusahaan harus "sepenuhnya menyadari" peristiwa di Xinjiang.

Seorang juru bicara dari NBCUniversal milik Comcast mengatakan akan menyiarkan Olimpiade sesuai rencana. (REUTERS)

KEYWORD :

Amerika Serikat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Boikot Diplomatik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :