Jum'at, 26/04/2024 14:39 WIB

AS dan Arab Saudi Desak Kubu yang Bertikai di Sudan Perpanjang Gencatan Senjata

Dilaporkan bahwa puluhan ribu orang Sudan telah melarikan diri melintasi perbatasan ke Chad karena kekhawatiran meningkat tentang militerisasi dari mereka yang tersisa.

Asap mengepul saat pertempuran di ibu kota Sudan, Khartoum pada 3 Mei (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi telah meminta kubu yang bertikai di Sudan untuk memperpanjang gencatan senjata  yang dijadwalkan berakhir pada pukul 21:45 (19:45 GMT) pada Senin (29/5).

"Meskipun tidak sempurna, perpanjangan tetap akan memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan kepada rakyat Sudan," kata pernyataan bersama itu pada Minggu (28/5).

Kedua negara itu juga mendesak pemerintah militer Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter saingannya untuk melanjutkan negosiasi untuk mencapai kesepakatan tentang perpanjangan gencatan senjata.

Pertempuran pecah pada pertengahan April. Baik panglima militer Jenderal Abdel Fattah al-Burhan dan pemimpin RSF Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo memimpin kudeta tahun 2021 yang menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Abdalla Hamdok yang didukung Barat.

Konflik tersebut telah menewaskan ratusan orang, melukai ribuan orang, dan mendorong negara itu hampir runtuh. Itu telah memaksa hampir 1,4 juta orang keluar dari rumah mereka ke daerah yang lebih aman di dalam Sudan atau ke negara tetangga, menurut badan migrasi PBB.

Tentara dan RSF minggu lalu telah menyetujui gencatan senjata selama seminggu yang ditengahi oleh AS dan Saudi. Namun, gencatan senjata tersebut tidak menghentikan pertempuran di ibu kota, Khartoum, dan di tempat lain di negara itu.

Penduduk melaporkan pertempuran sporadis baru pada hari Minggu di beberapa bagian kota yang berdekatan dengan ibu kota, Omdurman, di mana pesawat tentara terlihat terbang di atas kota. Pertempuran juga dilaporkan terjadi di al-Fasher, ibu kota provinsi Darfur Utara.

 Gencatan senjata yang rapuh

Dalam pernyataan terpisah, AS dan Arab Saudi menuduh militer dan RSF melanggar gencatan senjata, mengatakan bahwa pelanggaran semacam itu secara signifikan menghambat pengiriman bantuan kemanusiaan dan pemulihan layanan penting.

Pernyataan itu menyebutkan serangan udara oleh militer, termasuk yang dilaporkan menewaskan sedikitnya dua orang pada hari Sabtu di Khartoum. RSF juga dituduh terus menduduki rumah sipil, bisnis swasta dan bangunan publik dan menjarah beberapa tempat tinggal.

"Kedua belah pihak telah memberi tahu fasilitator bahwa tujuan mereka adalah deeskalasi untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan dan perbaikan penting, namun kedua belah pihak bersiap untuk eskalasi lebih lanjut," kata pernyataan itu.

Mini Minawi, gubernur wilayah Darfur yang dilanda perang di Sudan barat, pada Minggu meminta orang-orang di sana untuk "mengangkat senjata" setelah pasar dibakar dan fasilitas kesehatan dan bantuan dijarah.

"Saya menyerukan kepada semua warga negara kami yang terhormat, orang-orang Darfur, tua dan muda, pria dan wanita, untuk mengangkat senjata guna melindungi properti mereka," katanya di Twitter.

Dilaporkan bahwa puluhan ribu orang Sudan telah melarikan diri melintasi perbatasan ke Chad karena kekhawatiran meningkat tentang militerisasi dari mereka yang tersisa.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Konflik Sudan Amerika Serikat Arab Saudi Gencatan Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :