Rabu, 15/05/2024 14:03 WIB

Kepala BPPSDMP Dorong Penyuluh Dampingi Petani Manfaatkan Irigasi

Para penyuluh mendampingi petani terutama dalam mengimplementasikan inovasi dan teknologi, bagaimana mengakses Kredit Usahan Rakyat (KUR), dan mengelola keuangan dengan benar untuk usahatanianya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi pada Forum Koordinasi Staff Pendamping IPDMIP, Jumat (19/11).

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi meminta para penyuluh agar mendampingi petani untuk memanfaatkan irigasi.

Dedi mengatakan, tujuan dari program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) atau Proyek Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Terpadu untuk pemberdayaan penyuluh dan petani yang berada di daerah irigasi.

"Irigasi harus betul-betul dimanfaatkan dan digunakan untuk menggenjot produktivitas pertanian kita," kata Dedi dalam arahanya pada Forum Koordinasi Staff Pendamping IPDMIP, Jumat (19/11).

Dedi berharap para penyuluh mendampingi petani terutama dalam mengimplementasikan inovasi dan teknologi, bagaimana mengakses Kredit Usahan Rakyat (KUR), dan mengelola keuangan dengan benar untuk usaha tani.

"Tentu para penyuluh mendampingi petani bagaimana memanfaatkan irigasi ini. Bagaimana mengimplementasikan inovasi teknologi, bagaimana mengakses modal, dan mengelola keuangan apalagi keuangan yang berasal dari KUR untuk usaha taninya," kata Dedi.

Pada bagian lain, Dedi berharap para petani dan penyuluh mengenjot produksi jagung sebanyak-banyaknya. Apalagi saat ini, jagung pakan sangat  diperlukan untuk para peternak ayam petelur dan pedaging.

"Pakan yang berasal dari jagung itu kurang lebih 70 persen dari biasya produksi untuk tenak ayam. Oleh karena itu, kalau saja peternak bisa mendapatkan harga pangan yang layak pasti akan menghasilkan daging dan telur dengan keuntungan yang layak pula," kata Dedi.

KEYWORD :

IPDMIP Dedi Nursyamsi Daerah Irigasi




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :