Kamis, 02/05/2024 18:16 WIB

KOREA SELATAN

Presiden Park Bersedia Mundur dengan Syarat

Pernyataan Park segera ditanggapi partai oposisi yang menyatakan bahwa Park segaja mengulur-ulur waktu sebagai taktik untuk mengendalikan skandal politik yang tengah membelitnya.

tuntut mundur park geun hye

Seoul - Tiga partai oposisi di parlemen Korea Selatan telah bertemu pada Rabu (30/11) dan bersepakat untuk melakukan rencana pemungutan ulang yang akan dilaksanakan pada Jumat (2/12) besok. Rencana tersebut menyusul keengganan Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya akibat gelombang protes yang dilakukan demonstran yang didukung oleh partai oposisi dengan rencana impeachment.

Menurut laporan media, partai oposisi dan warga yang berdemonstrasi akan mengadakan pertemuan lagi jika rencana tersebut tidak berhasil. Partai oposisi sendiri masih bimbang, meski rencana mereka menguat, namun kemungkinan pemungutan suara pada Jumat (2/12) besok tidak bakal terjadi.

Presiden Park sendiri dikabarkan telah mendalami untuk menerima pengunduran dirinya, dengan syarat proses tersebut memberikan jaminan keamanan pada dirinya. Pada Selasa (29/11) Park menyatakan ia bersedia menanggalkan jabatannya dengan syarat jaminan keamanannya. Pernyataan Park segera ditanggapi partai oposisi yang menyatakan bahwa Park segaja mengulur-ulur waktu sebagai taktik untuk mengendalikan skandal politik yang tengah membelitnya.

Dilaporkan oleh aljazeera, Partai Saenuri -partai yang sedang berkuasa dimana Park Geuh-hye bernaung, mengatakan pada Kamis (1/12) bahwa mereka telah bersepakat untuk mendorong Park mundur dari jabatannya pada akhir April dan pemilihan presiden baru bisa dilaksanakan pada akhir Juni (2017).

Namun, prosese ini ditanggapi berbeda dengan kubu anti Park di dalam tubuh Partai Saenuri. Kubu anti Park dalam partai yang berkuasa itu sependapat dengan partai oposisi yang menginginkan proses impeachment dipercepat pada minggu depan jika tidak ada kesepakatan antara partai yang berkuasa dengan kubu oposisi.

Partai Saenuri dikabarkan mengalami perpecahan terkait rencana impeachment yang segera diluncurkan oleh partai oposisi. Mereka masih ragu untuk menentukan kejelasan waktu yang tepat. Partai Saenuri juga membutuhkan suara dari anggotanya yang membelot ke kubu oposisi untuk bisa melewati sidang di parlemen.[]

KEYWORD :

park geun hye presiden korsel bersedia mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :