Selasa, 23/04/2024 20:47 WIB

KOREA SELATAN

Empat Staff Kepresidenan Korsel Mundur

Park Geun-hye, Presiden Korea Selatan, telah menerima pengunduran diri kepala staff kepresidenan dan empat sekretaris senior presiden.

Demonstran meminta Park Geun-hye mengundurkan diri.(foto:telegraph)

Seoul - Park Geun-hye, Presiden Korea Selatan, telah menerima pengunduran diri kepala staff kepresidenan dan empat sekretaris senior presiden. Juru bicara kepresidenan, Jung Youn-Kuk, dalam sebuah pernyataan resmi mengatakan presiden menerima pengunduran diri mereka pada pekan ini, dan langsung membuat perombakan pada Minggu (30/10) kemarin.

Pengunduran diri beberapa pembantu Park berkaitan dengan unjuk rasa yang menuntut pengunduran diri merkea, termasuk Park, yang terlibat skandal "teman lama" yang menurut demonstran ikut mengatur dalam urusan negara.

Menurut laporan aljazeera, para pembantu Park akhirnya mengundurkan diri setelah ribuan demonstran turun ke jalan menuntut pengunduran diri mereka pada Sabtu (29/10). Aksi protes tak terjadi di Seoul saja, di Busan kota terbesar kedua setelah Seoul aksi menuntut mundur juga terjadi.

Krisis politik di Korea Selatan ini disulut adanya pertemanan antara Choi Soon-sil dengan Park Geun-hye. Choi (64) adalah seorang pemimpin agama di Korea Selatan. Tercatat Choi memiliki hubungan dekat dengan Park dan pernah menjadi mentornya. Choi tidak memiliki posisi resmi di kepresidenan, namun diduga Choi menyalahgunakan koneksi pribadinya dan ikut memengaruhi dalam soal urusan negara.

Choi, yang telah tinggal di Jerman, terbang kembali ke Seoul ketika mendengar ada peristiwa mengejutkan soal Park. Ia kembali ke Seoul melalui London pada Minggu (30) seperti dikatakan oleh Lee Kyung-jae, pengacara Choi.

"Choi bilang dia akan bekerjasama dalam penyelidikan dan meminta maaf yang mendalam kepada semua warga yang menyebabkan turun ke jalan dan frustasi," kata Lee, seperti dikutip dari aljazeera.

Choi harus menghadapi tuduhan bahwa ia telah memanfaatkan kedekatannya dengan Park dan memaksa perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung untuk menyumbangkan sejumlah besar donasi untuk dua yayasannya.[]

KEYWORD :

jurnas krisis politik korea selatan presiden park geun hye skandal teman dekat presiden korsel d




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :