Sabtu, 27/04/2024 10:00 WIB

Cetak Sejarah Baru, Crutchlow Sebut Espargaro Layak Naik Podium

Cal Crutchlow menganggap Aleix Espargaro layak naik podium jika melihat penampilannya sepanjang akhir pekan Grand Prix Inggris di Silverstone

Pebalap Aprilia, Aleix Espargaro (foto: Crash)

Jakarta, Jurnas.com - Cal Crutchlow menganggap Aleix Espargaro layak naik podium jika melihat penampilannya sepanjang akhir pekan Grand Prix Inggris di Silverstone.

Tujuh tahun lalu di Aragon, Aleix Espargaro meraih finis terbaiknya di MotoGP saat ia mengalahkan Cal Crutchlow ke posisi kedua dengan selisih 0,017 detik dalam balapan yang dramatis.

Crutchlow, yang kemudian menghabiskan satu-satunya musimnya di tim pabrikan Ducati, naik podium sebanyak 12 kali lagi, termasuk tiga kemenangan untuk LCR Honda sebelum pensiun akhir tahun lalu.

Sementara itu, di balik penampilannya yang mengesankan di Yamaha pada tahun 2014, Espargaro direkrut oleh tim pabrikan Suzuki yang kembali untuk dua musim berikutnya, sebelum pindah ke Aprilia tahun 2017.

119 balapan setelah podium Aragon, kerja keras dan ketekunan Espargaro akhirnya terbayar dengan tempat ketiga di Silverstone, membuat sejarah bagi Aprilia dengan podium pertama di era MotoGP.

"Aleix? Benar-benar pantas, bagus untuk dia dan timnya. Dia telah menunjukkan selama bertahun-tahun bahwa dia selalu ada di sana. Untuk akhirnya mendapatkan podium adalah hal yang luar biasa," kata Crutchlow, yang membalap di Silverstone sebagai pengganti Maverick Vinales di tim pabrikan Yamaha, dikutip Crash, Kamis (02/09).

“Masalah untuk Aprilia atau Aleix adalah mereka tidak memiliki seorang pria yang telah memenangkan balapan dan gelar di motor mereka dan Aleix baru saja memberikan segalanya tidak peduli apa dan itu bagus dia mendapat hadiahnya," tambahnya.

“Sekarang mereka akan memiliki pembalap baru dan Anda akan melihat kenyataan. Aleix akan menggali, itulah yang saya sukai dari dia, dan mencoba untuk mengalahkan siapa pun rekan setimnya.”

Pada usia 32 tahun, Espargaro akan menjadi pembalap tertua di grid MotoGP musim depan, menyusul pensiunnya Valentino Rossi, 42 tahun.

Namun posisinya akan diberikan kepada Andrea Dovizioso, runner-up tiga kali yang kini telah berusia 35 tahun. Sempat dikaitkan comeback dengan Aprilia, Dovi memutuskan untuk bergabung dengan SRT Yamaha dari Misano musim 2022.

Itu juga berarti dipersatukan kembali dengan Crutchlow, rekan setim Dovizioso di Yamaha Tech3 (pada 2012) dan Ducati (2014) dan akan melanjutkan sebagai pebalap penguji musim depan.

Sambil mendoakan yang terbaik untuk Dovizioso, dan berharap dapat bekerja sama dengannya lagi, Crutchlow, yang juga berusia 35 tahun, menyoroti `perbedaan besar` antara motor bekas dan masa depan Dovi.

“Saya pikir itu akan sangat berbeda dibandingkan dengan apa yang biasa dia lakukan, yang banyak tenaga di trek lurus. Dovi adalah pebalap hebat dan pria hebat dan saya pikir dan berharap dia melakukannya dengan sangat baik,” kata Crutchlow.

“Hal baiknya adalah beberapa tes tahun depan yang akan saya ikuti, dia akan melakukannya. Kami bekerja dengan cara yang sama, kami adalah pembalap yang berbeda, tetapi kami memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang benar dan apa yang benar dan tidak.

“Saya pikir dia akan bagus dan mudah-mudahan dia bisa menyelesaikannya. Tapi saya pikir dia akan merasakan perbedaan besar, besar dengan apa yang dia rasakan sebelumnya. Dia sudah mengendarai Ducati begitu lama dan keuntungan yang dia miliki di motor itu adalah jelas bukan keuntungan di sini (di Yamaha)."

“Itu tidak akan mudah, itu pasti. Mari kita lihat bagaimana dia berkembang. Saya akan bekerja dengannya seperti yang saya lakukan pada semua pebalap Yamaha dan kami akan memahami situasinya ketika dia mulai membalap.”

Sementara itu, pebalap Yamaha yang menyempurnakan sinkron dengan motornya adalah Fabio Quartararo, yang memperpanjang keunggulan kejuaraan dunianya menjadi 65 poin dengan kemenangan kelima musim ini di Silverstone.

"Fabio, seperti yang kita tahu, sedang menaiki puncak gelombang. Dia mengendarai motor itu dengan cara yang hebat, dia memiliki banyak kepercayaan diri di tikungan, di mana saya kalah darinya jika kita melihat datanya, itu normal. Saya tidak terbiasa dengan motor ini dengan waktu yang terbatas. Aku sudah di atasnya," kata Crutchlow.

“Tapi dia membalap dengan fantastis, sesederhana itu. Apa yang dia lakukan dengan motor itu luar biasa, saya senang untuknya dan tim. Dia bekerja keras dan benar-benar layak mendapatkannya."

“Dia belum mendapatkan gelar juara, itu pasti. Karena ini musim yang sangat panjang dari sini seperti yang kita lihat Jumat pagi ketika dia cedera pergelangan kaki, apa pun bisa terjadi. Jadi kami akan terus bekerja keras, saya akan terus bekerja keras dengannya di balapan berikutnya (Aragon) dan kemudian tes dan mudah-mudahan dia akan terus seperti itu."

Setelah menghabiskan putaran Aragon mendatang bersama Quartararo sekali lagi, Franco Morbidelli akan mengambil alih dari Crutchlow sebagai pengganti Vinales untuk sisa musim ini.

KEYWORD :

Cal Crutchlow Aleix Espargaro Kompetisi MotoGP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :