Selasa, 26/10/2021 08:46 WIB

MotoGP Siap Tambah Jumlah Balapan Tahun Depan

pihak MotoGP berencana untuk menjadi 20 balapan teratas untuk pertama kalinya pada tahun 2020

Sirkuit MotoGP Argentina (foto:Crash)

Jakarta, Jurnas.com - MotoGP berharap untuk bangkit kembali setelah dua musim yang dihambat oleh Covid dengan rekor 21 putaran untuk kejuaraan dunia 2022 mendatang.

Dilansir Crash, Selasa (12/10), pihak MotoGP berencana untuk menjadi 20 balapan teratas untuk pertama kalinya pada tahun 2020, tetapi pandemi Covid membuat musim dipangkas menjadi hanya 14 balapan, semuanya berbasis di Eropa, termasuk lima acara berturut-turut di trek yang sama.

Penghitungan musim ini meningkat menjadi 18 balapan tetapi enam putaran dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut (Argentina, Finlandia, Jepang, Thailand, Malaysia dan Australia) dan kalender kembali diisi oleh empat kunjungan berulang ke sirkuit yang sama (Losail, Portimao , Cincin Banteng Merah, Misano). Qatar dan COTA adalah satu-satunya sirkuit non-Eropa.

Beberapa trek, terutama di luar negeri, kemungkinan masih memiliki beberapa batasan untuk jumlah penonton pada tahun 2022 dan kalender kembali dilengkapi dengan peringatan: `Semua tanggal dan acara, serta kehadiran penonton, tunduk pada evolusi pandemi dan persetujuan dari pemerintah dan otoritas terkait.

Dengan asumsi tidak ada pembatalan Covid lebih lanjut, MotoGP bertujuan untuk memulai 2022 dengan pembuka musim tradisional Qatar pada 6 Maret sebelum balapan perdana di sirkuit Mandalika di Indonesia, yang juga akan menjadi tuan rumah tes pra-musim terakhir pada 11-13 Februari.

Argentina kemudian harus kembali pada 3 April dengan COTA pada akhir pekan berikutnya, membentuk yang pertama dari lima acara berturut-turut, ditambah satu sundulan rangkap tiga.

Portimao mempertahankan tempat tahun ini sebagai putaran pembuka Eropa sementara acara baru kedua musim ini, di KymiRing Finlandia, dijadwalkan pada 10 Juli, tepat sebelum liburan musim panas.

Perlombaan flyaway akhir musim akan dimulai dengan Jepang dan Thailand, sekarang membentuk tripleheader dengan Aragon seminggu sebelumnya, diikuti dengan libur akhir pekan dan kemudian Australia dan Malaysia.

Seperti biasa, Valencia akan menjadi tuan rumah final musim, kali ini pada 6 November. (Crash)

 

 

TAGS : Virus Corona Kompetisi MotoGP Tahun 2022




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :