Jum'at, 26/04/2024 23:41 WIB

Ini Manfaat Hubungan Intim Setelah Menikah

Orgasme bagi wanita dan ejakulasi atau orgasme bagi pria mungkin salah satu kondisi ketika seseorang membiarkan diri mereka untuk benar-benar bersantai.

Ilustrasi pasangan suami istri

Jakarta - Seks merupakan aktivitas yang menyehatkan, tetapi apakah anda tahu bahwa kehidupan seks yang baik dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu? Hal ini dikuatkan oleh beberapa pandangan para ahli bahwa seks dapat meningkatkan kesehatan. Berikut ini delapan manfaat yang disebabkan oleh seks terhadap kesehatan sebagaimana yang dikutif dalam Womansday

#1 Bisa membuat anda segar
Jika anda tidak bisa menyempatkan diri untuk melakukan olahraga karena aktivitas kerja yang menumpuk, maka jangan khawatir, Anda dapat menggantinya dengan seks, karena seks juga termasuk olahraga.
"Seks membakar 75 hingga 150 kalori per setengah jam," kata Desmond Ebanks, MD, pendiri dan direktur medis dari Alternity Kesehatan di West Hartford, Connecticut. Ini sebanding dengan aktivitas fisik lainnya, katanya, seperti yoga (114 kalori per setengah jam), menari (129 kalori per setengah jam) atau berjalan (153 kalori per setengah jam).

#2 Bisa menguatkan kesehatan jantung
Anda mungkin menyadari bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Makan makanan yang sehat, dan menjaga kolesterol adalah cara yang bagus untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Dan begitu berhubungan seks.
"Seks adalah olahraga yang meningkatkan denyut jantung dan aliran darah," kata Dr. Ebanks.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat, peneliti menemukan bahwa berhubungan seks dua kali atau lebih dalam seminggu mengurangi resiko serangan jantung, walaupun hasil penelitian difokuskan pada laki-laki, Dr. Ebanks mencurigai efek yang sama juga berlaku bagi perempuan.

#3 Dapat membantu Anda tidur nyenyak
Apa yang Anda lakukan agar tidur nyenyak? Ketika teh, susu dan obat lainnya tidak dapat membuat anda tertidur nyenyak, seks dapat membantu, terutama jika anda mengalami kesulitan tidur karena kecemasan atau stres.

"Orang-orang yang sering melakukan hubungan seks melaporkan bahwa mereka mampu menangani stres lebih baik," catat Dr Ebanks.

Orgasme bagi wanita dan ejakulasi atau orgasme bagi pria mungkin salah satu kondisi ketika seseorang membiarkan diri mereka untuk benar-benar bersantai. Dan hal tersebut membuatnya tertidur lelap setelah mengalami kepuasan dalam bercinta.

#4 Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda
Kekhawatiran tentang virus flu dan memerangi kuman, kadang-kadang membuat anda harus melakukan berbagai hal sebagai tindak pencegahan. Anehnya, ternyata ada sesuatu yang dapat anda lakukan di kamar tidur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Menurut Dr. Ebanks, sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menunjukkan bahwa individu yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu meningkatkan 30 persen antibodi yang lebih tinggi. Ini disebut dengan immunoglobulin A, yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#5 Menguatkan kesehatan mental
Apa cara tercepat untuk meningkatkan mood anda, melawan depresi dan mengalahkan kecemasan? Patricia Tan MD, seorang internis bersertifikat di Arizona dan ahli medis untuk JustAnswer.com, memberikan jawaban yang sederhana, yaitu dengan melakukan seks.

"Secara psikologis, seks meningkatkan kesehatan mental seseorang dengan membangun keintiman dan mengurangi stres," kata Patricia. Komponen pengurangan stres menurunkan tingkat kortisol seseorang, sehingga mengurangi kemungkinan peningkatan tekanan darah, hiperglikemia dan peningkatan keasaman di perut.

#6 Membantu meringankan sakit.
Anda mungkin membatalkan untuk berhubungan seks dengan mengatakan `Tidak malam ini, Sayang. Aku sedang sakit kepala`. Tahukan Anda bahwa melalui gairah seksual dan orgasme hormon oksitosin disekresi dalam tubuh, Anda dapat melepaskan endorfin. Endorfin merupakan semacam opiat alami, seks bertindak sebagai analgesik yang kuat, sehingga ia dapat membantu anda dalam meringankan rasa sakit.

#7 Membantu mengontrol kantung kemih
Ide bahwa seks dapat membantu anda meminimalkan inkontinensia mungkin terdengar aneh. Tapi nyatanya demikian lho. Terapis seks telah lama merekomendasikan bagi para perempuan untuk melakukan tidak hanya latihan peregangan otot-otot di panggul anda sepanjang hari, tetapi juga saat berhubungan seks. Mengapa? Seks tidak hanya dapat membantu meningkatkan kebahagiaan, namun rutinitas itu juga dapat memperkuat otot-otot yang berhubungan dengan inkontinensia. Anda dapat melakukan latihan itu di mana saja (termasuk saat berhubungan intim), jadi jangan malu-malu! Mengencangkan otot-otot dasar panggul anda dengan cara yang sama yang anda lakukan untuk menghentikan aliran urin. Tahan selama tiga detik, kemudian lepaskan.

#8 Membuat Kulit Anda sehat
Bisakah seks membuat anda lebih cantik? Kedengarannya terlalu mengada-ada, tapi Eric Braverman MD, pendiri PATH Medical Center di New York City, mengatakan berhubungan seks melepaskan senyawa kunci dalam tubuh yang baik untuk segala macam hal, termasuk meningkatkan kesegaran kulit Anda. Saat berhubungan seks, tubuh memproduksi hormon yang disebut DHEA (dehydroepiandrosterone).

"Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan kulit yang lebih sehat dan bahkan menurunkan depresi," kata Eric.

KEYWORD :

Pernikahan hubungan intim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :