Senin, 10/08/2020 06:00 WIB

Jokowi Lantik Budi Gunawan jadi Kepala BIN

Komjen Pol Budi Gunawan (BG) resmi menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah dilantik langsung oleh Presiden Jokowi, Jumat (9/9).

Kepala BIN Komjen Pol Budi Gunawan

Jakarta - Komjen Pol Budi Gunawan (BG) resmi menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah dilantik langsung oleh Presiden Jokowi, Jumat (9/9).

Pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah oleh Jokowi disaksikan sejumlah menteri, pejabat TNI dan Polri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945," demikian sumpah yang diucapkan BG, yang dibacakan Presiden Jokowi, di Istana Negara.

BG menggantikan posisi Sutiyoso yang telah memimpin BIN sekitar satu tahun. BG mendapat persetujuan oleh DPR dalam rapat paripurna, Kamis (8/9). Dia sempat menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I DPR sehari sebelum disahkan dalam rapat paripurna DPR.

Dengan begitu, jabatan Wakapolri saat ini kosong sehingga Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian akan segera mengusulkan pengganti wakilnya.

Menurut Tito, calon Kapolri berasal dari perwira paling senior secara kepangkatan dan akan dilantik setelah Budi resmi menjadi Kepala BIN.

Pelantikan BG dihadiri sejumlah pejabat negara dan petinggi partai politik. Ketum PDIP Megawati, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, eks Kepala BIN Sutiyoso, serta semua menteri kabinet kerja dan pimpinan lembaga tinggi negara.

TAGS : Kepala BIN Calon Kepala BIN Budi Gunawan Presiden Jokowi DPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :