Sabtu, 27/04/2024 10:17 WIB

Alisson Jadi Kiper Terbaik di Liga Inggris

Kiper Liverpool Aliisson Becker menjadi penjaga gawang terbaik di Liga Inggris, menurut statistik yang disajikan oleh Stats Perform.

Alisson Becker (Foto: Transfermrkt)

London, Jurnas.com - Kiper Liverpool Aliisson Becker menjadi penjaga gawang terbaik di Liga Inggris, menurut statistik yang disajikan oleh Stats Perform.

Dikutip dari Fox Sports Asia pada Rabu (29/1), statistik ini hanya menghitung jumlah clean sheet, gol kebobolan, dan persentase penyelamatan, agar tidak bias oleh kekuatan pertahanan tim.

Dengan menghitung goal on target (xGOT) yang diharapkan memberikan perbandingan kinerja penjaga, masing-masing dari mereka menghadapi tembakan yang berbeda, sulit untuk membandingkan nilainya.

Dengan mengambil gol yang kebobolan dari xGOT, Vicente Guaita menjadi penjaga gawang dengan performa terbaik. Dia mencegah 6,6 gol (xGOT 29,6 dikurangi 23 gol kebobolan, tidak termasuk gol bunuh diri), sementara Alisson memiliki diferensial hanya 0,3 (xGOT 6,3 dikurangi enam gol kebobolan).

Indeks Stats Perform Goalkeeper yang dibangun dengan model xGOT, mempersonalisasikan estimasi untuk setiap penjaga, dan mensimulasikan bagaimana mereka akan melakukan penyelamatan atas tembakan yang sama persis.

Di atas lokasi awal dan akhir tembakan, indeks mempertimbangkan kemampuan historis penjaga untuk melakukan penyelamatan berdasarkan sejumlah faktor, termasuk gol kiri, tengah atau kanan gawang, dan sudut ke lintasan tembakan (lurus ke arah mereka, untuk kiri atau ke kanan).

Seluruh kiper di Liga Inggris telah menghadapi 2.108 tembakan musim ini, dan Indeks Kiper lalu mensimulasikan berapa banyak gol kebobolan pada setiap penjaga gawang.

Ketika dilihat berdasarkan gim per gim, serta dibandingkan dengan rata-rata liga, hasilnya menjadi lebih jelas.

Indeks Kiper Alisson yang mencegah 0,58 gol lebih banyak per pertandingan daripada rata-rata liga, membuatnya menjadi yang pertama dibandingkan kiper Manchester City Ederson (0,27) di peringkat kedua.

Sementara posisi selanjutnya diisi oleh kiper Tottenham kapten Hugo Lloris dan Paulo Gazzaniga (0,16), David de Gea (0,16), dan Bernd Leno (0,13).

Di skala lainnya, untuk penjaga gawang yang hanya bermain dalam setidaknya 10 pertandingan, kiper Southampton Angus Gunn kebobolan 0,50 lebih banyak gol per pertandingan dari rata-rata liga. Sedangkan Alisson berhasil mencegah 1,08 lebih banyak gol per gim daripada Gunn.

Pemain internasional Brasil ini telah kebobolan satu gol setiap 214 menit di Liga Premier musim ini. Jika ia mempertahankan penampilannya, ia dapat memecahkan rekor Petr Cech yang mencatatkan kebobolan satu gol setiap 242 menit.

KEYWORD :

Alisson Becker Liverpool Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :