Sabtu, 27/04/2024 01:06 WIB

Presiden Maduro Tutup Total Perbatasan Venezuela dengan Brasil

Maduro juga sedang mempertimbangkan akan menutup total perbatasan dengan Kolombia.

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menutup perbatasan dengan Kolombia. (Foto: Marcelo Garcia/AFP)

Caracas, Jurnas.com - Presiden Nicolas Maduro, mengatakan, Venezuela akan menutup perbatasannya dengan Brasil pada Kamis (21/2) waktu setempat hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Keputusan itu di tengah ketegangan dengan pemimpin oposisi yang didukung Amerika Serikat (AS) Juan Guaido yang mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah itu.

Dilansir dari Al Jazeera, Maduro juga sedang mempertimbangkan akan menutup total perbatasan dengan Kolombia.

Sebelumnya, Ia mereintahkan Militer Venezuela menutup jembatan perbatasan utama untuk mencegah bantuan memasuki negara itu dari Cucuta, Kolombia, tempat sebagian besar bantuan AS disimpan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Maduro menyebut bantuan itu sebagai bentuk"provokasi" dan "permainan anak-anak". Ia mengatakan bantuan itu merupakan upaya intervensi militer AS di negara Amerika Latin yang kaya minyak, tetapi lumpuh secara ekonomi.

"(AS) berusaha menimbulkan kekacauan nasional yang besar, tetapi mereka tidak berhasil. Negara ini menginginkan perdamaian," katanya, dikelilingi oleh anggota militer.

"Perbatasan dengan Brasil  akan sepenuhnya dan benar-benar ditutup mulai pukul 20:00 (00:00 GMT) hingga pemberitahuan lebih lanjut, kata Maduro.

Dalam sebuah dekrit, militer Venezuela juga melarang kapal-kapal berlayar keluar dari pelabuhan-pelabuhan Venezuela hingga Minggu (24/2) waktu setempat untuk menghindari tindakan-tindakan kelompok-kelompok "kriminal".

Di hari yang sama, juru bicara kepresidenan Brasil, Otavio Rego Barros, mengatakan negaranya akan terus maju dengan bantuan udara kemanusiaan untuk Venezuela meskipun ada pengumuman Maduro

Ia mengatakan makanan dan obat-obatan yang tidak tahan lama akan ditimbun di kota perbatasan Brasil, Pacaraima sampai pemimpin oposisi Venezuela, Guaido, dapat mengirim truk untuk mengambil bantuan.

KEYWORD :

Kudeta Venezuela Juan Guaido Nicolas Maduro Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :