Rabu, 29/05/2024 00:02 WIB

Brasil Selidiki Dugaan Kasus Flu Burung pada Manusia

Seorang pria berusia 61 tahun, yang bekerja di taman di mana tiga burung liar dinyatakan positif Avian Influenza Patogen Tinggi (HPAI).

Ilustrasi flu burung(Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Brasil menyelidiki dugaan kasus flu burung A (H5N1) pada seseorang yang tinggal di negara bagian tenggara Espirito Santo, di mana minggu ini kasus pertama yang dikonfirmasi pada burung liar terdeteksi.

Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan, seorang pria berusia 61 tahun, yang bekerja di taman di mana tiga burung liar dinyatakan positif Avian Influenza Patogen Tinggi (HPAI), sedang dipantau dan diisolasi setelah ia menunjukkan gejala flu ringan.

Sebuah laboratorium rujukan di Espirito Santo sedang menganalisis sampel dari pria tersebut dan 32 orang lainnya yang juga bekerja di taman tersebut, tambahnya, menunjukkan bahwa tidak ada kasus influenza A yang dikonfirmasi yang pernah dilaporkan di negara tersebut.

Sementara manusia dapat tertular H5N1, kasusnya tetap jarang, dan pejabat kesehatan global mengatakan risiko terhadap manusia rendah.

Brasil, pengekspor unggas terbesar di dunia, mengambil sikap ekstra hati-hati setelah deteksi subtipe H5N1 pada unggas liar.

Penularan subtipe virus yang sangat patogen ke kawanan komersial negara itu akan mempertaruhkan ekspor ayam hampir US$10 miliar karena larangan perdagangan mungkin diberlakukan oleh negara pengimpor.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Brasil Kasus Flu Burung Avian Influenza Patogen Tinggi HPAI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :