Senin, 20/05/2019 15:28 WIB

Konsulat China di Pakistan Diserbu Pria Bersenjata, Dua Polisi Tewas

Kronologi kejadinnya bermula saat empat pria bersenjata berusaha memasuki konsulat, tetapi dicegat oleh penjaga keamanan di sebuah pos pemeriksaan.

Pasukan paramiliter dan polisi bersiaga selama serangan Kedutaan Besar China di Karachi (Foto: Akhtar Soomro/Reuters)

Pakistan - Empat orang yang tidak dikenal menyerbu dan menembaki konsulat China di kota pelabuhan Pakistan, Karachi. Dalam insiden tersebut dua polisi dikabarkan tewas.

Kronologi kejadinnya bermula saat empat pria bersenjata berusaha memasuki konsulat, tetapi dicegat oleh penjaga keamanan di sebuah pos pemeriksaan, kata pejabat senior polisi setempat, Javaid Alam Odho, kepada AFP.

"Karena tak dibiarkan masuk akahirny pria membunuh dua dari polisi kami dan melukai yang lain," terangnya.

Para pelaku melarikan diri, namun pihak keamanan belum mengkonfirmasi apakah serangan itu sudah berakhir. Ia hanya mengatakan daerah sementara waktu ditutup dan pasukan keamanan sedang melakukan operasi pembersihan.

"Dua penyerang telah memasuki bagian visa konsulat, diplomat aman," kata seorang perwira polisi senior kepada Reuters  tanpa menyebutkan namanya.

Seemin Jamali, seorang dokter di Rumah Sakit Jinnah di Karachi, mengatakan, "Kami membawa dua polisi tewas dan penjaga keamanan yang terluka karena dampak ledakan."

Geo TV melaporkan satu pria bersenjata tewas dalam serangan itu dan "rompi bunuh diri" sudah ditemukan. Rekaman yang diambil di tempat kejadian menunjukkan asap naik dari gedung dan tembakan berdering. Beberapa media lain melaporkan tembakan oleh konsulat.

Karachi, kota terbesar di Pakistan dan pusat keuangan, selama bertahun-tahun penuh dengan militansi politik, sektarian dan etnis.

Sebuah penumpasan di kota oleh pasukan keamanan dalam beberapa tahun terakhir telah membawa jeda dalam kekerasan, tetapi serangan yang tersebar masih terjadi.

China, salah satu sekutu terdekat Pakistan, telah mengkucurkan miliaran ke negara Asia Selatan dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari proyek infrastruktur besar yang berusaha menghubungkan provinsi barat Xinjiang dengan Laut Arab.

Konsulat China terletak di lingkungan Clifton yang makmur, bersama dengan konsulat dari beberapa negara lain.

 

TAGS : Konsulat China Pakistan Pria Bersenjata




TERPOPULER :