Rabu, 12/12/2018 15:16 WIB

Pengembangan Kawasan Transmigrasi Diperlukan Pendampingan yang Handal

Hadirnya Pendampingan Pengembangan Permukiman di Kawasan Transmigrasi diharapkan dapat menjadi momentum perubahan bagi pembangunan transmigrasi di Indonesia.

Kegiatan Evaluasi Pendamping Pengembangan Satuan Permukiman di Kawasan Transmigrasi Tahun 2018

Jakarta - Pengembangan masyarakat di kawasan transmigrasi bukanlah suatu hal mudah yang harus dilakukan oleh pemerintah. Tidak akan berjalan baik tanpa adanya pendampingan yang profesional dan handal.

Dengan hadirnya Pendampingan Pengembangan Permukiman di Kawasan Transmigrasi diharapkan dapat menjadi momentum perubahan bagi pembangunan transmigrasi di Indonesia. Peran pendamping sangat penting dalam mempercepat keberhasilan kemandirian lokasi transmigrasi.

Salah satu Kegiatan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) adalah  mewujudkan permukiman transmigrasi yakni memberi kesempatan bagi putra-putri terbaik indonesia untuk bisa bergabung sebagai tenaga pendamping pengembangan permukiman transmigrasi yang terletak di beberapa Provinsi Indonesia.
 
Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja para pendamping, Direktorat Pengembangan Sosial Budaya Transmigrasi menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Pendamping Pengembangan SP kawasan transmigrasi.

Kegiatan tersebut  dalam rangka ujicoba implementasi NSPK (Peraturan Dirjen PKTrans) tentang Pengelolaan Pendampingan Pengembangan SP di Kawasan Transmigrasi tahun 2018 yang  pelaksanaannya pada tanggal 15 sampai dengan 17 november 2018 bertempat di Hotel Hermes, Provinsi Banda aceh.

Kegiatan ini di hadiri oleh Sesditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Direktur Pengembangan Sosial Budaya Transmigrasi, Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Aceh, Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten, Pendamping Daerah Transmigrasi, UPT Daerah Transmigrasi. Adapun dalam kegiatan ini ada 5 narasumber yaitu Dra. Dewi Yuliani, MP, Endang Wiryatiningsih, SH,M.Si, Sri Ratna, MM, Ir. Arif Pribadi, M.Si, dan Ir. Helvijar Ibrahim, M.Si.
 
Acara dibuka langsung oleh Sesditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ir. Arif Pribadi M.si., dalam sambutannya Sesditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi mengungkapkan  “kami berharap semua hal – hal yang berkaitan tentang Pendamping Permukiman Transmigrasi agar dapat di rumuskan untuk Perbaikan Sistem Pengelolaan Pendampingan Pembangunan Satuan Permukiman Kawasan  Transmigrasi, ujarnya di Aceh, 15 Nopember 2018

Lebih lanjut Arif Pribadi mengatakan bahwa apabila Kerja Sama Antar Pendamping dijalankan dengan komitmen penuh dan kesungguhan dari pemerintah daerah, maka akan saling menguntungkan.

"Apalagi  yang dilandasi itikad baik demi meningkatkan pembangunan di desa desa yang masih tertinggal, khususnya kawasan transmigrasi sehingga warga transmigran bisa lebih produktif dan mampu mengembangkan usaha, meningkatkan pembangunan dari berbagai sektor, termasuk meningkatkan program pengembangan kawasan transmigrasi," ujar Arif.

Acara berjalan dengan hikmat, diikuti partisipasi aktif para  peserta, beberapa pembahasan materi evaluasi terdiri atas tahapan pelaksanaan tugas pendamping berdasarkan  kondisi dan karakteristik masyarakat.

Selama masa pembinaan masyarakatnya, yaitu tahapan penyesuaian, tahapan pemantapan dan tahapan kemandirian. Pengetahuan yang tepat mengenai tahapan pelaksanaan tugas akan mendorong upaya pendampingan yang dilakukan lebih fokus dan tepat sasaran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Provinsi Aceh  Ir. Helvijar Ibrahim M.si sangat menyambut baik dan berterima kasih dengan adanya kegiatan evaluasi ini beliau berharap evaluasi ini bisa menggiatkan kembali dinamika kehidupan ekonomi di kawasan transmigrasi.

"Kegiatan ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja dan semangat pantang menyerah para pendamping – pendamping yang kuat dan bisa mengayomi warga yang ada di permukiman transmigrasi demi masa depan warga transmigran  di tanah yang penuh harapan, sehingga bisa membuat lokasi permukiman transmigrasi dapat menjadi lebih maju, sukses dan mandiri," ujar Helvijar.

TAGS : Percepatan Pembangunan Kawasan Transmigrasi




TERPOPULER :