Senin, 20/05/2019 00:14 WIB

Dana Pesta IMF Dicairkan, Korban Gempa Lombok Dilupakan

Pemerintah dinilai abai terhadap penanganan bencana gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab, hingga saat ini penanganan terhadap korban gempa Lombok belum ada penyelesaian secara tuntas.

Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat acara Expo DPR Peduli Huntara for NTB

Jakarta - Pemerintah dinilai abai terhadap penanganan bencana gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab, hingga saat ini penanganan terhadap korban gempa Lombok belum ada penyelesaian secara tuntas.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mempertenyakan, pencairan dana pertemuan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) di Bali yang begitu cepat. Sementara, dana bantuan untuk para korban gempa Lombok yang dijanjikan pemerintah belum bisa dicairkan.

"Cairkan dong uangnya, untuk pesta IMF dicairkan Rp1 triliun, masa Rp50 juta perak tidak dicairin. Artinya kalau kepada IMF uangnya dicairkan, kenapa kepada masyarakat uangnya tidak dicairkan," kata Fahri, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (8/10).

Sehingga, lanjut Fahri, penanganan korban gempa di Lombok terkesan diabaikan. Menurutnya, pejabat hanya sibuk berkunjung ketika gempa terjadi. Sementara, penanganan terhadap para korban tidak diselesaikan secara tuntas.

"Memang didiamkan, jadi pejabat itu cuma datang hanya ketika ada bencana. Itu sekarang seperti Sulawesi Tengah, datang selfie-selfie, semua setiap hari konfrensi pers, habis itu rakyat ditinggalkan. Ini kan sama dengan menjadikan penderitaan orang sebagai show, ini kan dosa besar. Selesaikan dong tugasnya," tegasnya.

"Sekarang ini rakyat masih dalam kondisi menderita, masih tinggal ditenda yang sobek-sobek, sebentar lagi orang kena penyakit, tapi pemerintah sudah bikin show, Pak Jokowi sudah penutupan Asian Games dengan membawa orang dibelakang seolah pemerintah bersama rakyat," demikian Fahri.

TAGS : Gempa Lombok NTB Presiden Jokowi




TERPOPULER :