Sabtu, 05/12/2020 01:06 WIB

Irael: Sebaiknya Iran Menghilang di Dunia

Akan lebih baik jika rezim Iran menghilang sepenuhnya dari dunia ini.

Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan (Foto: Tehran Time)

Jakarta - Menteri Keamanan Publik Israel, Gilad Erdan mengatakan akan jauh lebih lebih jika Iran menghilang seluruhnya dari dunia ini.

"Akan lebih baik jika rezim Iran menghilang sepenuhnya dari dunia ini. Sebab akan menjadi berkat dari kesepakatan buruk yang dicapai Obama diganti dengan yang lebih baik," katanya kepada Radio Israel.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 pada 8 Mei. Paman Sam juga memberlakukan sanksi terhadap Iran, termasuk melaran semua negara malakukan bisnis dengan Negeri Para Mullah.

Namun, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan, Uni Eropa mendorong perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka dengan Iran, karena negara itu telah sesuai dengan komitmen terkait nuklir mereka.

"Kami melakukan yang terbaik untuk menjaga agar Iran tetap dalam kesepakatan, untuk menjaga Iran mendapat manfaat dari ekonomi yang diberikan oleh perjanjian itu kepada rakyat Iran," ujar Mogherini mengatakan selama konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters.

"Kami percaya ini adalah kepentingan keamanan bukan hanya di wilayah kami, tetapi juga dunia. Jika ada satu bagian dari perjanjian internasional mengenai non-proliferasi nuklir yang disampaikan, itu harus dipertahankan," sambungnya.

Dilansir Tehran Time, Erdan mengkritik Uni Eropa karena Negeri Biru itu berupaya menyelamatkan kesepakatan nuklir, di tengah Gedung Putih menjalankan aksinya.

TAGS : Iran Israel Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :