Selasa, 20/11/2018 04:45 WIB

Empat Cara Terbaik Menikmati Ramen

Seni menikmati ramen dikenal dengan istilah zuzutto, begini tahapannya.

Shoyu ramen (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Tahukah Anda, selain sushi dan sashimi, ramen adalah salah satu makanan asal Jepang yang mudah disukai kebanyakan orang di seluruh dunia.

Nyaris semua orang tahu bahwa ramen merupakan paduan dari mi dan kuah kaldu yang khas. Mi ramen memiliki tekstur lembut dan rasa yang membaur satu sama lain.

Sayangnya kepopuleran ramen tidak selaras dengan bagaimana cara yang benar saat menyantap ramen. Pasalnya, agar tetap terasa nikmat, mi ramen tidak bisa disantap dengan cara biasa.

Mi direbus hingga aldente yakni dengan tingkat kekenyalan yang pas, tidak keras, tapi tidak juga lembek. Ramen juga memancarkan aroma alami dari gandum . Dalam membuat mi ramen, dibutuhkan seni tinggi dalam memasak dan menyajikan ramen agar cita rasa dan penampilannya tak berubah.

Seni menikmati ramen dikenal dengan istilah zuzutto. Pernahkah Anda mendengarnya? Zuzutto adalah teknik menikmati ramen dengan cara menghirup mi.

Menurut Direktur Ippudo Indonesia Amanda Sihombing ketika Anda menyantap mi ramen, maka sebaiknya harus memakan mi bersamaan dengan kuahnya, semata agar mie tidak mengembang. Berikut tips memakan ramen dengan seni zuzutto dari Amanda.

1. Langsung disantap

Satu hal yang harus Anda hindari saat menyantap ramen adalah dengan terlalu lama mengulur waktu. Jika terlalu lama, mi ramen akan memuai dan meluap di dalam mangkuk, sehingga rasanya tidak akan nikmat.

2. Hirup kuahnya

Mi ramen dikenal akan kuahnya yang kental dan sedap. Kuah tersebut terbuat kaya akan kaldu. Proses membuat kaldu cukup panjang. Kaldu diracik selama 15 jam sebelum disajikan ke meja makan. Untuk itu, jangan terburu-buru memakan minya. Nikmati kuahnya terlebih dahulu.

3. Ambil beberapa helai mie

Setelah menikmati kuahnya, ambil beberapa lembar mie dengan sumpit. Makan mi hingga terdengar bunyi `slurp!`.

Kunci menikmati mi ramen ialah dengan suara. "Menghirup mi hingga menciptakan suara slurp merupakan deskripsi zuzutto yang tepat," ujar Amanda.

4. Campur topping, mie, dan kuah

Terakhir dan tak kalah penting, manjakan lidah dengan campuran topping, mi, dan kuah. Perpaduan topping, mi, dan kuah menciptakan kesatuan dalam menikmati mi ramen.

Dengan menerapkan seni zuzutto dalam menikmati ramen, Anda akan mendapat pengalaman nodogoshi (sensasi) ketika mi meluncur lembut di kerongkongan Anda

TAGS : Tips Ramen Jepang Zuzutto




TERPOPULER :