Jum'at, 27/11/2020 15:11 WIB

AS Kenakan Tarif Logam Uni Eropa, Kanada dan Meksiko

Penalti AS untuk memasukkan tarif sepuluh persen pada impor alumunium, 25 persen pada baja

General Motors Co Amerika Serikat (foto: NBC)

Washington - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengenakan tarif sweeping impor baja dan alumunium yang datang dari Uni Eropa, Kanada, dan Meksiko setelah pemerintahan Trump gagal mengamankan konsesi dari mitra perdagangan dekatnya.

Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross mengatakan kepada media dalam sebuah panggilan konferensi bahwa AS akan mulai menginstitusikan tarif alumunium sebesar sepuluh persen untuk impor dan 25 persen tarif pada logam mulai Jumat.

Kanada, Meksiko, dan EU awalnya telah diberikan pembebasan sementara terkait penalti impor setelah Presiden Donald Trump mengumumkannya pada Maret. Pembebasan itu akan berakhir pada akhir pekan.

Pembebasan itu dibuat untuk mendapatkan keuntungan ekonomi untuk AS, tapi Ross mengatakan bahwa tidak ada kemajuan yang cukup untuk menjamin perpanjangan.

Kantor Putih kemudian mengatakan bahwa dialog akan terus berlangsung seiring penalti yang dikenakan kepada sekutu terdekat AS.

Dalam wawancara dengan jaringan televisi CNBC, Ross berusaha mengecilkan dampak dari bea masuk, dan mengatakan: "Kalau pasar, sampai terkejut, pasar harus menyesuaikan diri. Tapi pasar menyesuaikan diri dengan fakta."

Namun di luar pasar, penalti ekonomi kemungkinan akan mengusik hubungan dengan beberapa sekutu terdekat AS, beberapa di antaranya sudah menghadapi kemungkinan sanksi AS karena berupaya menerima kesepakatan antara AS dan negara-negara lain dengan Iran tapi Trump menarik AS keluar meski ditentang oleh Eropa.

Ketika Trump awalnya membuat keputusan untuk menginstitusikan tarif baja dan alumunium, dia melakukan hal itu dengan dalih keamanan nasional. Tapi alasan ini ditolak oleh mitra keamanan terdekat AS di Eropa dan Kanada.

TAGS : Amerika Serikat Eropa impor Kanada Meksiko




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :