Selasa, 20/11/2018 23:37 WIB

Penyelam Asal Turki Sabet Penghargaan Menyelam Terlama di Dunia

Tahun 2011, di Istanbul, Karbay juga memecahkan Guinness World Record dengan rekor menyelam terlama di air tawar, yaitu selama 192 jam, 19 menit, 19 detik

Penyelam asal Turki

Jakarta - Seorang penyelam asal Turki berhasil memecahkan rekor dunia baru setelah menyelam scuba di air asin dengan durasi terlama, yaitu 30 jam 20 menit.

Cem Karabay memenangkan Guinness World Record pada Selasa di Underwater Marine Park di Pulau Gokceada, yang merupakan pulau terbesar di Turki.

Karabay yang juga dijuluki sebagai "Pria Akuarium" mengalahkan rekor penyelam Norwegia Nils-Roar Selnes, yang menyelam selama 15 jam 10 menit di Eidkjosen, Norwegia, pada 2016.

"Saya berhasil mewujudkan janji saya untuk memecahkan rekor dunia," ujar Karabay.

"Selama menyelam, saya mengumpamakan 10 jam pertama sebagai magang. 10 jam berikutnya saya menjadi pekerja tetap. Kemudian, karena saya sudah belajar dari pengalaman saya, saya benar-benar menjadi seorang ahli pada 10 jam terakhir," jelas dia.

Prestasi Karabay tercatat bertepatan dengan hari peringatan Troy terdaftar di Daftar Warisan Dunia UNESCO yang ke-20.

Troy yang terletak di Desa Hisarlik yang berhadapan dengan pantai Aegea Turki, merupakan salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia, dan telah berdiri selama 4.000 tahun.

Tahun 2011, di Istanbul, Karbay juga memecahkan Guinness World Record dengan rekor menyelam terlama di air tawar, yaitu selama 192 jam, 19 menit, 19 detik. (AA)

 

TAGS : Rekor Dunia Penyelam Turki




TERPOPULER :